androidvodic.com

Polda Metro Jaya Siap Amankan Arak-arakan Perayaaan Medali Emas Timnas Indonesia U-22 di Jakarta - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya tengah menyiapkan pengamanan pada prosesi arak-arakan Tim Nasional Indonesia U-22 usai memenangkan medali emas pada kejuaraan SEA Games ke-32 di Kamboja pada Jumat (19/5/2023) besok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, pihaknya pun kini tengah menyiapkan aturan rekayasa lalu lintas sambil menunggu ruas jalan mana yang akan dilalui oleh Timnas U-22 tersebut.

"Untuk unit Pam (Pengamanan) sedang kita buat, rekayasa lalu lintas kan nanti, ini kan masih menunggu rute yang fix. Karena informasi pertama dari Istana, kedua dari GBK makanya kita pastikan," ujar Latif ketika dihubungi, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: Rute Baru Arak-arakan Timnas U22 Indonesia seusai Juara SEA Games 2023, Start & Finis di GBK

Seiring dengan rencana arak-arakan Timnas U-22 tersebut, Latif pun berharap volume kendaraan pada Jumat besok tak sepadat hari biasanya lantaran besok merupakan hari kejepit.

"Tentunya pasti ada rekayasa lalu lintas untuk jalur Sudirman-Thamrin nanti karena besok jam kerja. Tapi ini kan besok hari kejepit, mudah-mudahan masyarakat juga pengguna mobil juga berkurang," ucapnya.

Terkait rencana itu, Latif pun menghimbau bagi masyarakat agar menghindari ruas Jalan Raya Sudirman-Thamrin jika tak terkena kemacetan imbas arak-arakan tersebut.

Baca juga: Jadwal Agenda Timnas Indonesia setelah SEA Games 2023: Tantang Argentina Jadi yang Terdekat

"Karena ada rute alternatif kedua dari GBK nanti keluar pintu 1 terus ke arah Bandung 5 (Bundaran HI) terus muter balik Senayan baru nanti masuk GBK lagi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) rencananya akan mengapresiasi keberhasilan Timnas U22 Indonesia dan official team dalam meraih medali emas SEA Games 2023.

Medali yang selama ini dinantikan oleh publik Tanah Air dari cabang olahraga Sepak Bola SEA Games karena terakhir kali juara pada tahun 1991 di Filipina atau 32 tahun silam.

Wujud dari apresiasi tersebut, skuad Timnas U22 Indonesia nantinya akan diarak, mulai dari Monas sampai Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Menurut Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, Arya Sinulingga, rencana tersebut akan dilakukan pada Jumat (19/5/2023) mendatang.

Pesta arak-arakan Timnas U22 Indonesia karena berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023 akan dimulai dari Monas, Patung Kuda, Jl Sudirman, hingga berakhir di GBK.

Baca juga: Menhan Prabowo dan Erick Thohir Bahas Kemenangan Timnas U-22 di Sea Games 2023

"Kita PSSI akan menyambut dan memberikan support kepada pemain, official, dan seluruh tim yang sudah membawa emas dan juara di SEA Games setelah 32 tahun, jadi rencananya kita akan membuat arak-arakan konvoi yang akan dilakukan pada hari Jumat pukul 08.00 WIB pagi mulainya di Monas," ucap Arya dalam unggahan Instagram BolaSport.

Saat ini PSSI berupaya mengurus perizinan kepada kepolisian agar mendapatkan izin untuk menggelar rencana tersebut.

"Kami sudah mengajukan surat ke kepolisian, semoga kita bisa bikin dukungan support terhadap pemaain dan official tapi kita lakukan juga dengan tertib," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat