androidvodic.com

RSCM: Bobot Tubuh Hampir 300 Kg Bukan Kejadian Biasa - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Muhammad Fajri (27) warga asal Kota Tangerang, Banten punya bobot tubuh hampir 300 kilogram.

Saat ini Fajri sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSPUN) dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Baca juga: Fajri Pria Usia 27 Tahun Berbobot 300 Kg, Dipasangi Alat Bantu Pernafasan di RSCM

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti mengatakan kasus ini merupakan hal yang sangat tidak biasa karena tubuh Fajri berkembang begitu besar.

Ia menyebut dampak dari kegemukan yang begitu besar tersebut berefek pada kerja jantung, paru-paru yang juga sangat berat.

Terlebih kata Lies, Fajri tidak pernah bergerak, dan kondisi lingkungan atau rumahnya juga lembab sehingga menimbulkan masalah pada paru-paru dan kulit.

"Ini adalah suatu hal yang sangat tidak biasa, ada seorang yang sedemikian besarnya. Nah beban bagi tubuh manusia untuk bisa memberikan metabolisme ke seluruh tubuh yang begitu besar tentu sangat berat, jantung bekerja sangat berat, paru-paru bekerja sangat berat, apalagi dia tidak pernah bergerak, jadi kondisi rumah atau lingkungan yang lembab menimbulkan masalah di paru-paru dan kulit," kata Lies dalam konferensi pers yang ditayangkan Kompas TV, Rabu (14/6/2023).

Pihak RSCM juga sedang memeriksa kondisi kesehatan Fajri. Beberapa diantaranya sudah didapatkan hasilnya seperti fungsi jantung, paru-paru, ginjal, dan hati.

Baca juga: Fajri, Pria Berbobot 300 Kg Ditangani 14 Dokter RSCM, Dari Ahli Bedah, Urologi hingga Gizi Klinik

"Kita sedang memeriksa dan ada beberapa yang sudah ada hasilnya antara lain fungsi jantung, paru, ginjal, hati kita semua harus periksakan," ungkapnya.

Perawatan Fajri di RSCM pun ditangani oleh 14 dokter multidisiplin keilmuan.

Diantaranya Anestesiologi dan Perawatan Intensif, Respirologi, Endokrin-Metabolik, Gastro-Enterologi, Kardiologi, llmu Penyakit Dalam, Bedah Digestif, Bedah Vaskuler, Urologi, Neurologi, Psikiatri, Dermatologi Venerologi, Rehabilitasim Medik, Gizi Klinik, dan tim nakes lainnya.

Saat ini Fajri tengah menjalani prosedur observasi dan akan dilanjutkan dengan perawatan berupa:

1. Ventilasi mekanik menggunakan ventilator untuk membantu pernapasan sementara.

2. Pemantauan ketat tanda vital tekanan darah, pernapasan, saturasi oksigen, dan laju nadi, teropong saluran napas untuk evaluasi ada dahak yang tersumbat atau tidak dan menilai saluran napas dan paru-paru pasien.

Baca juga: Sosok Fajri, Pria Berbobot 300 Kg Asal Tangerang Sudah 8 Bulan Sulit Beraktivitas, Dirawat di RSCM

3. Pemeriksaan hormon insulin, hormon tiroid, dan gula darah puasa untuk mengevaluasi kondisi obesitas pasien.

4. Rencana pemeriksaan aliran darah ke kepala oleh dokter saraf untuk menilai ada penurunan suplai darah ke otak atau tidak, dan rencana pemberian obat topikal untuk infeksi di kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat