androidvodic.com

Sempat Dihentikan, Uji Coba LRT Jabodebek Dibuka Kembali pada 25 Juli 2023 - News

News - Uji coba terbatas Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek dihentikan mulai Senin (17/7/2023) sampai Kamis (20/7/2023) mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, menyampaika, keputusan tersebut diambil usai Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek, Sabtu (15/07) lalu.

Risal mengatakan, hasil evaluasi menyatakan perlu ada perbaikan sistem software, sehingga uji coba terbatas yang dijadwalkan dihentikan sementara.

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," kata Risal Wasal, (17/7/2023).

Risal menambahkan, setelah keseluruhan pembaharuan software selesai, akan dilakukan Trial Run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum.

"Kami akan lakukan Trial Run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan Uji Coba Operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," tegasnya.

Baca juga: DJKA Lakukan Penyempurnaan Sistem Software LRT Jabodebek Usai Uji Coba Terbatas

Sebelumnya, Dirut KAI, Didiek Hartantyo, menjelaskan uji coba LRT Jabodebek akan dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan yang harus dilakukan sebelum nantinya beroperasi secara komersial.

"Melalui uji coba ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penumpang, serta uji coba sistem ticketing, integrasi antarmoda, aksesibilitas, dan pengaturan parkir di area stasiun," ucap Didiek, dikutip dari laman Kemenhub yang diakses pada 12 Juli 2023.

Didiek mengungkapkan, nantinya LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari pada hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.

Berikut adalah rincian tahapan uji coba LRT Jabodebek:

1. Tahap pertama: 12 Juli hingga 26 Juli 2023.

Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Akan ada 22 perjalanan kereta per hari.

Baca juga: Jadwal Kereta Api Surabaya-Purwokerto, Layani Gerbong Kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi

2. Tahap kedua: 27 Juli sampai 15 Agustus 2023

Masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Pada uji coba tahap kedua, akan ada 434 perjalanan kereta per hari.

Di mana 6 perjalanan di antaranya akan mengangkut penumpang yang telah mendaftar.

(News/Widya/Nitis Hawaroh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat