androidvodic.com

Koalisi Ibu Kota Minta DPRD DKI Tegur Heru Budi karena Remehkan Polusi Udara di Jakarta - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Koalisi Ibu Kota menggelar aksi menuntut pemerintah melakukan upaya pengendalian polusi udara Jakarta, di Balai Kota DKI.

Pantauan Tribunnews di lokasi, puluhan massa aksi diterima masuk ke Gedung DPRD DKI untuk melakukan audiensi terkait penanganan pencemaran udara Jakarta.

Perwakilan Koalisi Ibu Kota diterima oleh Anggota DPRD DKI Fraksi Partai NasDem Wibi Andrino serta anggota legislatif lainnya.

Dalam audiensi, seorang warga penggugat yang tergabung dalam Koalisi Ibu Kota, Adhito Harinugroho, meminta DPRD DKI untuk menegur Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Adhito menjelaskan, pernyataan Heru Budi yang mengatakan 'polusi tiup saja' beberapa waktu lalu, terkesan meremehkan kondisi pencemaran udara di Ibu Kota, saat ini.

"Sekarang saya mau meminta Bapak Wibi untuk menegur Pj ini ya. Setidaknya janganlah Bapak Heru ini mengeluarkan kalimat-kalimat yang meremehkan polusi udara. Kayak, 'polusi udara saya tiup aja', itu kan meremehkan ya," kata Adhito, dalam audiensi di Gedung DPRD DKI, Rabu (16/8/2023).

Adhito menegaskan, etika publik Heru Budi perlu ditegur. Sebab, lanjutnya, setiap hari warga Jakarta menghirup partikel udara PM25, yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Jadi pertama dia bukan avatar yang bisa meniup awan. Jadi tolong Pak, tolong Bapak tegur perkara etika publiknya Pj ini. Itu aja permintaan saya. Karena jangan sembarang Pak karena setiap hari warga menghirup PM25," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkelakar bakal meniup polusi dari kawasan industri yang berembus ke wilayah Ibu Kota.

Baca juga: Heru Budi Anjurkan PNS DKI WFH untuk Kurangi Polusi Udara Jakarta

Kelakar itu Heru lontarkan saat menjelaskan upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatasi buruknya kualitas udara akibat aktivitas kawasan industri di wilayah penyangga.

"Iya saya tiup saja," ujar Heru sambil memeragakan cara meniup di hadapan awak media, Senin (12/6/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat