androidvodic.com

Ribuan Mahasiswa Gelar Apel Deklarasi Kebangsaan Jelang HUT RI di Lapangan Korp Brimob Kelapa Dua - News

News, JAKARTA - Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri menggelar Apel Deklarasi Kebangsaan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Lapangan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Rabu (16/8/2023).

Adapun dalam apel itu turut dihadiri langsung oleh Kepala Korps Brimob Polri Komjen Pol Anang Revandoko.

Berdasarkan pantauan News di lokasi apel juga diikuti langsung oleh Rektor dan ribuan mahasiswa dari 23 civitas akademika di seluruh Indonesia.

Selain itu terdapat pula ratusan personel Brimob turut mengikuti kegiatan apel tersebut.

Ribuan Mahasiswa Gelar Apel Deklarasi Kebangsaan Jelang HUT RI di Lapangan Korp Brimob Kelapa Dua. (Fahmi Ramadhan)
Ribuan Mahasiswa Gelar Apel Deklarasi Kebangsaan Jelang HUT RI di Lapangan Korp Brimob Kelapa Dua. (Fahmi Ramadhan) (News/Fahmi Ramadhan)

Rangkaian upacara dilakukan secara khidmat oleh seluruh peserta upacara. Dalam pelaksanaanya, upacara itu berisi pembacaan Pancasila serta pembacaan naskah deklarasi kebangsaan.

Dalam kesempatan ini, Komjen Anang mengatakan, bahwa digelarnya upacara ini guna menguatkan kesatuan bangsa khususnya bagi kalangan generasi muda.

“Ini sejarah pada Korps Brimob Polri bahwa pada hari ini tangga 16 Agustus 2023 Korps Brimob Polri telah menulis sejarah tinta emas. Para tokoh hebat, pemikir bangsa, rektor. Bersatu padu untuk Indonesia,” kata Anang kepada wartawan, Rabu (16/8/2023).

Anang menyebut apel ini dilakukan agar dapat membangun sinergitas dan menguatkan kesatuan negara Republik Indonesia. Apalagi Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras hingga budaya.

“Kita ini Indonesia, negara yang sangat luas, yang sangat kaya. Pemahaman ini harus satu kata semua antara generasi muda dengan yang lain. Sehingga kita tidak mudah diadu domba dengan kelompok tertentu yang mencoba mengganggu, mengancam,” tegas dia.

Baca juga: Cerita 8 Hari di Balik Pembuatan Kemeja Putih Pesanan Presiden Jokowi Karya 4 Siswi SMK 4 Jambi

Usai menggelar apel, kemudian terdapat penandatanganan kerja sama atau MoU antara Korps Brimob dengan Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia dan Asosiasi Rektor Merah Putih.

Sementara itu Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Ganefri mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan agar Korps Brimob Polri terlibat dalam pembangunan karakteristik kebangsaan di civitas akademika.

"Dengan adanya MoU ini kita mengajak Brimob melakukan edukasi dalam membekali mahasiswa-mahasiswa kita di kampus terutama mahasiswa baru," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat