androidvodic.com

Kirab Bendera Pusaka Jadi Rangkaian Acara Meriahkan HUT Ke-78 RI di Monas yang Digelar Pemprov DKI - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

News - Kirab Bendera Pusaka, Gemilang Silang Monas, dan Kirana Nusantara menjadi rangkaian kegiatan yang akan digelar Pemprov DKI untuk merayakan semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2023. 

Rangkaian kegiatan hasil kolaborasi Pemprov DKI dengan pemerintah pusat ini dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Acara-acara yang digelar bakal menonjolkan peran Jakarta yang sukses mendukung serta mengantarkan Indonesia memiliki ibu kota baru di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Acara-acara ini menjadi sebuah atraksi kontemporer yang memadukan budaya, teknologi, dan menampilkan landscape Kota Jakarta,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata.

“Hal tersebut menggambarkan Kota Jakarta sebagai kota metropolitan, rumah yang ramah bagi semua orang dengan warna-warni yang meriah penuh keramahan,” sambungnya.

Baca juga: Pemprov DKI Perbaharui Sistem IRK, Dorong Optimalisasi Tata Ruang di Jakarta

Kirana Nusantara merupakan sebuah pertunjukan atraksi video mapping dan water screen berdurasi kurang lebih delapan menit yang terdiri dari video-video tentang keragaman tradisi budaya dan sejarah Indonesia, serta pengenalan ibu kota negara yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sedangkan Kirab Bendera Pusaka dan Gemilang Silang Monas merupakan event kolaborasi yang diusung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI Jakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dirancang untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Kirab Bendera Pusaka dilaksanakan sebelum pelaksanaan Upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara. Bendera pusaka dan teks proklamasi akan dibawa dari Monas menuju Istana Negara.

Kirab Bendera Pusaka yang merupakan acara tahunan sejak 2016 lalu diawali dari ruangan dalam cawan Monas, dengan penyerahan duplikat bendera negara Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi.

Acara ini akan diikuti oleh 90 pasang Abang None.

“Acara dilanjutkan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih,” kata Andhika.

Kemudian, rangkaian acara Gemilang Monas berlangsung di kawasan Monas mulai 17 Agustus hingga 22 Agustus 2023. Gemilang Silang Monas adalah side event dari rangkaian HUT ke-78 RI yang turut melibatkan partisipasi aktif masyarakat dari seluruh tanah air.

Acara ini juga dirancang untuk bersama-sama membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan terhadap tradisi serta budaya Indonesia.

“Sedangkan acara Kirana Nusantara sudah dimulai pada 16 Agustus sampai 22 Agustus 2023 mendatang di Bundaran Hotel Indonesia (HI),” pungkas Andhika.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Buka Program PKBM bagi Siswa Putus Sekolah atau Tidak Sekolah, Ini Syaratnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat