androidvodic.com

Sebagian Besar Pelajar SD Punya Medsos, Literasi Media Sangat Perlu - News

News, Jakarta - Pengguna akun media sosial di kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD) cukup tinggi. Mereka memanfaatkan sejumlah media sosial sebagai sarana hiburan dan juga menambah pengetahuan.

Padahal Pemerintah dalam kaitan ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mensyaratkan batas usia minimal menggunakan media sosial adalah 13 tahun.

Baca juga: Najwa Shihab Singgung Media Sosial Jadi Salah Satu Sebab Masyarakat Jauh Dari Buku

Dalam kegiatan “Literasi Media” yang diselenggarakan Akademi Televisi Indonesia  (ATVI) bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih Indosiar-SCTV (YPP Indosiar-SCTV) di SDN Lagoa 02, Koja, Jakarta Utara, Selasa (5/09/2023), para pelajar kelas 1 hingga 6 mengakui memiliki akun media sosial.

Ratusan anak serempak mengangkat tangan ketika ditanya siapa yang punya akun media sosial.

Kenyataan ini memang tak mengagetkan, pasalnya pada akhir tahun 2021, Badan Pusat Statistik merilis data pengguna internet dan media sosial di kalangan pelajar.

Diungkapkan BPS dalam keterangan persnya, mayoritas anak usia 5 tahun ke atas di Indonesia sudah mengakses internet untuk media sosial. Persentasenya mencapai 88,99 persen alias yang terbesar dibandingkan tujuan mengakses internet lainnya.

Selain media sosial, sebanyak 66,13 persen anak usia 5 tahun ke atas di Indonesia juga mengakses internet untuk mendapat informasi atau berita. Ada pula yang mengakses internet untuk hiburan sebanyak 63,08 persen.

Karena itulah, maka literasi media, khususnya penggunaan media sosial atau medsos oleh para pelajar ini sangat penting. Tujuannya agar pelajar mengetahui batasan konten apa yang mesti diupload atau bahkan dilihat di medsos.

Dosen ATVI, Safrudiningsih dan Sisca T Gurning yang memberikan penyuluhan atau literasi penggunaan medsos di SDN Lagoa 02 itu mengingatkan ratusan pelajar kelas 1 hingga VI untuk bijak menggunakan medsos.

Dalam literasi media ini, Dosen ATVI, Safrudiningsih dan Sisca T Gurning juga mengingatkan batasan lamanya melihat/menonton siaran televisi sekitar  dua jam saja. Begitu juga mengakses internet dan medsos sebaiknya tidak lebih dari dua jam.

Hampir 700 siswa dari kelas 1 hingga VI dibagi dalam dua gelombang pemberian literasi, bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Safrudiningsih yang akrab disapa Kak Ning Nong dan Sisca T Gurning yang biasa disapa Kak Oma, silih berganti memberikan pemahaman pentingnya bijak menggunakan medsos dengan cara menghibur.

Baca juga: Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Ikut Kegiatan Literasi Media,Tambah Wawasan Kembangkan Konten Kreatif

Sejumlah gambar dan video ditayangkan dilayar besar di aula sehingga ada interaktif yang membangkitkan siswa mengikuti acara ini.

Dalam proses penyampaian literasi ini, terlihat para pelajar baik yang masih duduk di kelas 1 maupun yang sudah di kelas lebih atas, tak malu-malu setiap Kak Ning Nong dan Kak Oma memancing pengakuan mereka soal medsos. Dengan polos mereka mengakui bahwa konten medsos yang kebanyakan dari akun Tik Tok dan IG, berisi lagu atau video hiburan dan bola.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat