androidvodic.com

Mobil Polantas Hampir Serempet Delegasi KTT ASEAN di Semanggi, Polda Metro Sebut Faktanya - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Sebuah video viral yang memperlihatkan mobil polantas yang hampir menyerempet rombongan mobil delegasi KTT ASEAN dari Laos di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @MurtadhaOne1 terlihat mobil polantas tersebut datang dari Simpang Susun Semanggi dan akan bergabung jalan Sudirman.

Baca juga: KTT Ke-43 ASEAN Rampung, Jokowi Serahkan Palu Simbolik ke PM Laos

Padahal, satu mobil sipil lainnya terlihat berhenti saat rangkaian delegasi Laos lewat. Namun, mobil polantas tersebut terlihat masih terus menyelonong.

Terlihat Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman yang berada di lokasi saat melakukan pengamanan berteriak memarahi anggota tersebut.

"Detik-detik mobil polisi menerobos Ring 1 Tamu Negara KTT Asean "Polisi goblok!", teriak salah seorang polisi," tulis akun tersebut.

Namun, akhirnya mobil polantas tersebut berhenti sampai rombongan delegasi tersebut lewat.

Dikonfirmasi, Latif Usman membenarkan insiden tersebut yang terjadi pada Rabu (6/9/2023) sore.

Latif mengatakan anggota yang mengemudikan mobil tersebut saat itu tengah terburu-buru karena akan melakukan pengamanan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi gini. Itu anggota saya pada saat itu memang dia mau berpindah pos karena mau ngejar pengamanan jalannya Presiden RI, dia buru-buru," kata Latif saat dihubungi, Kamis (7/9/2023).

Latif mengatakan saat itu rombongan Presiden sudah mendekati kawasan Semanggi sehingga anggota tersebut buru-buru agar bisa mendahului.

"Dia bukan karena sengaja dia kan memang terburu-buru karena punya tangung jawab karena mau mengamankan jalur presiden kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Latif menyebut jika dirinya tidak memberikan sanksi terhadap anggota tersebut melainkan hanya memberikan teguran.

Baca juga: KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Berlangsung Aman, Panglima TNI-Kapolri Minta Maaf Terkait Kemacetan

"Iya. Dia sudah kita tegur sudah kira hentikan, dia buru buru. Setelah itu berhenti, sudah saya ingatkan," tuturnya.

"Jadi setelah itu dia langsung minggir berhenti. Setelah tahu itu dia langsung minggir berhenti. Terus saya tegur di situ, setelah Laos lewat langsung berangkat lagi," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat