androidvodic.com

Peringati Hari Tani Nasional, Relawan OMG di Jakarta Barat Hadirkan Agro Wisata Jadi Sarana Edukasi - News

News, JAKARTA - Peringati Hari Tani Nasional, Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) bersama warga Kembangan mewujudkan Agro Edukasi Wisata GSG 07 di Kembangan, Jakarta Barat pada Minggu (24/9/2023).

Agro Eduwisata GSG 07 ini merupakan hasil swadaya masyarakat yang bekerja sama dengan relawan Ganjar.

Dalam hal ini warga bersama anak muda pecinta Ganjar Pranowo bergotong-royong mengelola perkebunan, biofolk, hingga ruang edukasi.

"Agro Eduwisata GSG 07 ini adalah hasil kelola dari swadaya masyarakat, kita OMG turut memberikan bantuan seperti perbaikan green house, bioflok, dan sarana pembelajaran edukasi," ujar Ketua OMG se-DKI Jakarta Abel Thoriq.

Lewat Agro Wisata ini, masyarakat bisa menikmati berbagai kegiatan rekreasi, edukasi dan hal positif lainnya seputar perkebunan, perikanan, pelestarian lingkungan hidup, dan produksi produk olahannya.

"Kita juga adakan pelatihan seperti hari ini kita ada pelatihan cara membuat keripik kangkung, cara penyemaian tanaman hidroponik sampai dengan sosialisasi berbagai jenis tanaman, seperti contohnya tadi penyuluhan pohon alpukat cipedak asli Jakarta," jelas Abel.

Hadirnya Agro Eduwisata GSG 07 ini menjadi kebanggaan untuk warga sekitar. Hal tersebut disinggung oleh Husnul Khotimah selaku KWT GSG 07.

Ia menuturkan saat ini Agro Eduwisata GSG 07 mempunyai variasi sayur, buah dan tanaman toga yang bisa menjadi media pembelajaran.

"Di sini kita sudah ada tanaman sayur seperti kacang panjang, kangkung, cabai, terong, pokcoy, dan tanaman hidroponik lainnya, selain itu juga ada buah-buahan dan tanaman obat (toga)," jelas Husnul.

Husnul mengatakan kehadiran Agro Wisata ini bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Hari Tani Nasional, Petani Diajak Tingkatkan Produktivitas dan Pendapatan Lewat Program Ini

"Ini sangat bermanfaat karena sebelumnya Poktan ini belum terbuka untuk wisata ya, dan sekarang ini bisa menjadi edukasi untuk pengunjung dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat di sini," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat