androidvodic.com

RS Polri Perkirakan Waktu Kematian Kerangka Manusia di Duren Sawit, Enam Bulan Sampai Dua Tahun Lalu - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Kerangka manusia yang ditemukan di aliran air di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu lalu masih terus dilakukan proses identifikasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Meski begitu berdasarkan hasil identifikasi sementara, kini mulai terkuak waktu kematian dari kerangka yang manusia yang diperkirakan berjenis kelamin laki-laki itu.

"Perkiraan waktu kematian enam bulan sampai dua tahun sebelum dilakukan pemeriksaan luar," ujar Kepala Rumah Sakit Polri Brigjen Pol Hariyanto saat dikonfirmasi, Minggu (29/10/2023).

Selain itu, meskipun pihaknya belum menerima sampel lengkap dari bagian kerangka manusia tersebut, ia memastikan bahwa kerangka itu berjenis kelamin laki-laki dan diperkirakan berusia 44 sampai 64 tahun.

Adapun sampel yang saat ini sudah diidentifikasi yakni Tulang rahang, tulang leher, tulang lengan atas kanan dan kiri, serta tulang selangka kanan yang dimana kerangka itu merupakan bagian tubuh dari satu orang manusia.

"Hanya 1 orang (jenazah), satu orang saja tidak komplet, kaki belum ikut diserahkan," jelasnya.

Kendati demikian, Hariyanto belum bisa mengidentifikasi lebih jauh terhadap kerangka manusia tersebut termasuk identitas.

Pasalnya hingga kini pihaknya belum mempunyai data pembanding guna menguak secara utuh misteri kerangka manusia tersebut.

"Ya kalau mau identifikasi jenazah biasanya ada data pembandingnya dan ada orang yang merasa kehilangan anggota keluarga dan melapor. Belum ada yang lapor atau curiga, yang begini peran media untuk bantu tugas polisi sangat besar," pungkasnya.

Sebelumnya, Warga di kawasan Jalan Raden, Duren Sawit, Jakarta Timur digegerkan dengan penemuan tengkorak dan tulang-belulang manusia pada Senin (23/10/2023).

Tengkoran dan tulang itu pertama kali ditemukan dan dilaporkan oleh petugas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur sekira pukul 15.00 WIB.

Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit AKP Indra Darmawan menyebut saat itu, petugas sedang membersihkan saluran air di sekitar lokasi.

"Terus nemuin kerangka tengkorak dan dua tulang. Engga ada bau, ditemukannya di got gorong-gorong," kata Indra dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Selain tulang-belulang dan tengkorak, Indra mengatakan petugas juga menemukan kaos di sekitar lokasi. 

Saat ini, kata Indra, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mengevakuasi tengkorak dan tulang manusia ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Nanti dari pihak forensik yg bisa jelaskan. Sementara belum ada identitasnya," ujarnya.

Indra mengatakan jika ada masyarakat yang merasa kehilangan pihak keluarganya bisa langsung melaporkan ke Polsek Duren Sawit.

Baca juga: Polisi Pastikan Kerangka Manusia di Duren Sawit, Laki-Laki dan Berusia Antara 44 hingga 65 Tahun

"Tadi kita sempat sebar ke media dan masyarakat jika memang ada boleh menghubungi Polsek Duren sawit," kata Indra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat