androidvodic.com

Kawasan Kebon Pala Jakarta Timur Terendam Banjir 1,6 Meter, Jatinegara dan Cijantung Pohon Tumbang - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

News, JAKARTA - Hujan lebat yang mengguyur Kota Jakarta sejak Sabtu sore hingga malam hari, 4 November 2023 menyebabkan sejumlah wilayah di DKI Jakarta kebanjiran. 

Salah satu wilayah yang terpantau banjir adalah pemukiman warga di kawasan Kebon Pala, RW 04 dan RW 05, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Rumah warga terendam air hujan ditambah luapan air dari Kali Ciliwung pada Minggu (5/11/2023).

Ketua RT 13/RW 04, Sanusi mengatakan banjir berketinggian sekitar 1,6 meter yang merendam permukiman warganya tersebut imbas debit air kiriman dari Bogor dan Depok.

Sabtu (4/11/2023) malam ketika hujan deras terjadi tinggi muka air di Bendungan Katulampa, Bogor dan dan Pos Pantau Depok tercatat naik hingga berstatus siaga 3.

"Kemarin dapat informasi status siaga 3 dari jam 21.00 WIB, air mulai masuk ke permukiman warga jam 23.00 WIB. Awalnya enggak terlalu tinggi," kata Sanusi.

Sejak mendapat informasi tinggi muka air naik, warga Kebon Pala bergegas memindahkan barang elektronik dan kendaraan bermotor mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Pasalnya seiring waktu tinggi banjir di permukiman warga RW 04 dan RW 05 Kebon Pala kian parah, hingga pada Minggu sekira pukul 05.00 WIB mencapai 165 sentimeter.

"Pagi ini saja masih naik lagi airnya. Tapi belum ada warga yang mengungsi, kalau cuman segini (banjir di bawah dua meter) masih biasa. Masih pada bertahan di lantai dua rumah," ujarnya.

Meski terbiasa dengan banjir, Sanusi berharap banjir luapan Kali Ciliwung yang merendam permukiman warga Kebon Pala lekas surut agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Kelurahan Cilangkap Depok Kebanjiran, Warga Mengungsi

Saat banjir surut nanti pun warga Kebon Pala harus gotong-royong membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah yang menutupi akses jalan lingkungan dan rumah mereka.

"Ya mudah-mudahan cepat surutlah banjirnya," tuturnya.

Pohon Tumbang di Jatinegara dan Cijantung

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Jakarta Timur pada Sabtu (4/11/2023) malam mengakibatkan dua pohon di dua lokasi berbeda tumbang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat