androidvodic.com

Program Bedah Kawasan Baznas Bazis DKI Tata Ulang Pemukiman Bekas Kebakaran di Mampang - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Baznas (Bazis) DKI Jakarta melalui Program Bedah Kawasan (PBK) mengubah pemukiman bekas kebakaran di Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kawasan ini sebelumnya terdampak kebakaran pada 26 Desember 2022 lalu. Kebakaran di Jalan Bangka Raya GG Amal I RT.006, 007, dan 008 RW 05 telah meludeskan puluhan bangunan, dan berimbas pada hilangnya tempat tinggal ratusan jiwa.

Baca juga: Lewat Gerbang Rafah Mesir, Bantuan Kemanusiaan BAZNAS Telah Masuk ke Gaza, Palestina

Sebanyak 71 bangunan terbakar dan dari jumlah tersebut, hanya 55 bangunan yang memiliki sertifikat yaitu 6 bangunan di RT.006/05, 37 bangunan di RT.007/05, dan 12 bangunan di RT 008/05.

Kemudian, dari 55 bangunan yang memiliki sertifikat, sebanyak 45 bangunan ditempati oleh pemiliknya, 10 bangunan lainnya digunakan untuk kontrakan atau usaha.

Kini pemukiman tersebut bersih dan tertata. Melalui hasil musyawarah masyarakat terdampak bersama pihak Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta, dihasilkan 36 hunian dibangun kembali yaitu wilayah RT 006/02 sebanyak 2 bangunan, RT 007/05 sebanyak 30 bangunan, dan RT 008/05 sebanyak 4 bangunan.

"Jumlah tersebut tidak termasuk 7 bangunan yang berada di garis sepadan sungai (GSS), sungai Krukut dan 2 pemilik bangunan yang menyatakan membangun sendiri, " kata Wakil Ketua II Baznas (Bazis) DKI Jakarta Sa'at Suharto Amjad dalam keterangan, Senin (13/11/2023).

Baca juga: Bantuan Baznas untuk Palestina Siap Dikirim, Dari Logistik Hingga Peralatan Musim Dingin

Sa’at Suharto Amjad menegaskan bahwa sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dalam program Bedah Kawasan di Kelurahan Pela Mampang ini, dan berharap warga dapat merawatnya dengan baik.

Kemudian, untuk 7 orang pemilik bangunan yang terdampak kebakaran lokasi tanah dan bangunannya berada di garis sepadan sungai (GSS), diberikan bantuan kemanusiaan masing-masing sebesar Rp20 juta.

Total dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) yang dikeluarkan untuk pembangunan Bedah Kawasan di lokasi tersebut sebesar Rp6,4 miliar.

"Sementara itu, akses jalan dan infrastruktur lainnya telah diperbaiki setelah kebakaran. Peletakan batu pertama di lokasi Bedah Kawasan dilakukan oleh Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bapak Munjirin," katanya.

Salah seorang warga RT 006/ RW 05, Ahmad Sugiri mewakili masyarakat setempat berterima kasih kepada para pemberi zakat sehingga mereka dapat terbantu.

"Kami mewakili warga tiga RT di Pela Mampang menyampaikan terima kasih kepada para muzaki yang telah menyampaikan Zakat, infaq dan Sedekahnya melalui Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Amal baik muzaki akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT," kata Sugiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat