androidvodic.com

Ada Car Free Night saat Malam Pergantian Tahun, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup Mulai Pukul 18.00 WIB - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Skema car free night (CFN) akan digelar di Jakarta pada saat perayaan malam pergantian tahun baru 2024.

Nantinya, skema CFN tersebut digelar di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat sehingga diharuskan untuk penutupan jalan tersebut mulai pukul 18.00 WIB pada Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Ini 26 Ruas Jalan di Jakarta yang Ditutup pada Malam Tahun Baru 2024

"Nah, tentunya rekayasa akan kita lakukan nanti. Kita akan melihat situasional. Penutupan car free night akan kita mulai dari jam 18.00," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Latif mengatakan kendaraan roda empat dan roda dua akan dilarang melintasi jalur tersebut kecuali bus TransJakarta.

"Yang masih boleh lewat adalah busway (bus TransJakarta). Nah busway nanti akan kita lihat situasional, kalau memang Bundaran HI sudah penuh, ya pasti akan kita mainkan sampai Semanggi," ungkapnya.

Baca juga: Cara Praktis Cek Tarif Tol Online Untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Dalam pemberlakuannya, pihak kepolisian nantinya akan menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas yang mengarah ke dua jalur protokol itu.

"Khusus untuk yang MRT, ini masih berjalan sampai normal. Ini akan justru malah saya mohon nanti akan diperpanjang jam operasionalnya," katanya.


Pengamanan Nataru

Ratusan personel TNI-Polri menggelar apel gelar pasukan operasi lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan perayaan tahun baru 2024 di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023) pagi.

Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto selaku pemimpin apel bersama Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan mengatakan bahwa sebanyak 129.923 personel TNI-Polri bakal dikerahkan guna mengamankan perayaan natal dan tahun baru (Nataru).

Selain itu Agus juga menjelaskan bahwa operasi lilin 2023 itu akan digelar mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

"Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari dari TNI Polri serta stakeholder terkait," jelas Agus saat bacakan amanat di hadapan ratusan personel TNI-Polri.

Lebih lanjut dijelaskan mantan Kabareskrim Polri itu nantinya ribuan personel tersebut akan ditempatkan di 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu.

Tak hanya itu dirinya juga menegaskan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan personel untuk mengamankan perayaan Nataru.

Baca juga: 27 Kardus Besar Berisi 275 Ribu Petasan Jenis Kembang Api di Indramayu Disita Jelang Tahun Baru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat