androidvodic.com

Lautan Manusia Penuhi Bundaran HI Jelang Malam Pergantian Tahun Baru 2024 - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat tampak dipenuhi lautan manusia jelang malam pergantian tahun baru 2024. Minggu (31/12/2023) malam. 

Mereka berbondong-bondong memadati panggung hiburan di depan Plaza Indonesia yang menyuguhkan penampilan artis-artis ibu kota.

Meski hujan sempat turun sore tadi, tak sedikitpun menyurutkan niat mereka untuk merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Bundara HI yang merupakan salah satu ikon Jakarta.

Pantauan News, tak ada satupun kendaraan lalu-lalang di Bundara HI dan sekitarnya. Sebab, Pemprov DKI Jakarta menggelar car free night (CFN) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, demi menyambut pergantian tahun.

Titik kepadatan di Bundaran HI berpusat di panggung hiburan.

Satu di antara penampil kali ini, Cakra Konta Paryaman atau biasa dikenal dengan nama panggung Cakra Khan sempat menghentikan penampilannya kala menyadari adanya penonton yang kecopetan.

"Ada yang kehilangan dompetnya? Kasih jalan dulu. Kita kasih ruang," ujarnya sembari menghentikan penampilan sementara.

Imbauan dari Cakra Khan itu cukup mencerminkan betapa padatnya pengunjung Bundaran HI di malam ini.

Saking padatnya, dari panggung yang berlokasi di depan Plaza Indonesia hingga Pos Pengamaman Terpadu, lautan manusia acap kali tak bergerak alias macet.

Untuk jumlah pengunjung, kawasan Bundaran HI diperkirakan dipadati hingga 50 ribu orang pada malam tahun baru ini.

"Diperkirakan kepadatan di Bundaran HI mencapai 30 ribu. Sementara dari setiap panggung bisa mencapai 3 ribu-5 ribu. Sehingga total yang berkumpul di Bundaran HI bisa sampai sekitar 50 ribu," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: ASDP Minta Penumpang Atur Waktu Perjalanan Saat Puncak Arus Balik Tahun Baru 2024

Untuk acara sendiri, di panggung hiburan akan ada beberapa artis ibu kota yang tampil, seperti Cakra Khan, Titiek Puspa, Nabila Idol, dan sebagainya.

Kemudian ada pula acara light show drone, water mist, video mapping 3D, dan kembang api pada waktu menjelang pergantian tahun.

Sementara untuk antisipasi balik, dari personil Polri sudah memetakan arus lalu lintasnya.

Selain itu, ada pula berbagai opsi untuk menggunakan kendaraan publik, seperti Transjakarta.

Masyarakat pun diimbau untuk kembali dengan tertib.

"Tentu semua sudah kita petakan. Kita juga mengharapkan kerja sama dan dukungan masyarakat bisa bubar, kembali ke rumah masing masing dengan tertib, tidak dengan konvoi, kebut-kebutan yang nanti akan berpotensi kecelakaan lalu lintas yang tentunya akan merugikan diri sendiri maupun orang lain," ujar Karo Penmas, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Bundaran HI, Minggu (31/12/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat