androidvodic.com

Hujan Deras, 35 RT dan 25 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir - News

News, JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (31/1/2024) mengakibatkan meningkatnya kenaikan status di sejumlah pintu air hingga sejumlah wilayah terendam banjir.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per jam 09.00 WIB mencatat setidaknya ada 32 RT dan 25 ruas jalan yang tergenang banjir.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 17 RT dan 22 Ruas Jalan saat ini mengalami kenaikan menjadi 32 RT atau 0,105 persen dari 30.772 RT dan 25 Ruas Jalan," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Rabu.

Isnawa menjelaskan dari catatan yang ada, ada dua kota yakni di Jakarta Timur hingga Jakarta Utara yang sejumlah wilayahnya terendam banjir.

Untuk di Jakarta Utara, Isnawa mengatakan ada tiga RT yang terendam banjir di Kelurahan Semper Barat dan Semper Timur berkisar 40 cm.

Sementara, untuk di Jakarta Timur, ada 29 RT di enam kelurahan mulai Kelurahan Rambutan, Kampung Melayu, Dukuh, Halim Perdanakusuma, Kebon Pala, dan Makasar.

"Selain itu ada 25 ruas jalan tergenang air," ungkapnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini Rabu, 31 Januari 2024: Hujan Lebat di Bogor dan Depok

Lebih lanjut, Isnawa BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat.

"Untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," jelasnya.

Isnawa mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. 

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," tuturnya.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat