androidvodic.com

Mudik dari Bangka Belitung ke Kebumen, Pria Ini Pilih Pesan Tiket Kereta Api Satu 1 Sebelum Lebaran - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Seorang calon penumpang kereta api memilih memesan tiket keberangkatan jauh-jauh hari guna dapat harga murah dalam rangka mudik lebaran. 

Wisnu Abie, pria berusia 23 tahun yang sehari-hari berdagang kue ini mengincar tiket kereta api murah mengingat saat ini ia sedang dalam kondisi ekonomi yang kurang stabil. 

"Ya biar tiket juga lebih murah. Ekonomi lagi kurang di sana," kata Wisnu saat diwawancarai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (30/3/2024). 

Baca juga: Catat! Puncak Arus Mudik Kereta Api dari Jakarta Diprediksi 8 dan 9 April, Arus Balik 15 April

Ia mengaku lebih nyaman menggunakan moda transportasi kereta api ketimbang bus. Selain itu, dengan kereta apai ia merasa dapat tiba ke rumah lebih cepat. Wisnu mendapatkan tiket kereta seharga 260 ribu untuk kelas ekonomi premium. 

"260 ribu. Sebulan sebelum berangkat sudah pesan. Sengaja beli tiket lama, takut kehabisan," ujarnya. 

Wisnu bertolak tidak langsung dari Jakarta melainkan dari Kepulauan Bangka Belitung, tempatnya mengais rezeki. Agar dapat tiba di Jakarta, ia harus menempuh jalan darat selama dua jam menuju bandara. 

Wisnu hendak mudik ke Kebumen, Jawa Tengah setelah setahun penuh tak bertemu keluarga. Ia memanfaatkan momen mudik lebaran untuk menetap hingga sebulan di kampung halaman. 

Sebagai informasi, Manager Humas KAI DAOP 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan hingga saat ini tersisa kurang lebih 300 ribu kursi untuk calon penumpang KA di masa lebaran. 

PT KAI menyiapkan sebanyak 1.677 kereta api untuk pelayanan masa angkutan lebaran dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April atau 77 KK per hari dengan titik keberangkatan 40 KA dari Stasiun Gambir dan 37 KA dari Stasiun Senen. 

Saat ini telah terjual sebanyak 610.634 kursi dengan rata-rata 27.756 kursi terbeli setiap harinya. 

Baca juga: Ada 2.000 Penerbangan Tambahan untuk Atasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik Lebaran 2024

"Dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 957.138 seat atau 43.506 seat per harinya," ujar Ixfan dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2024).

"Jadi masih terdapat sisa seat kurang lebih 355.799 seat atau 16.173 seat per harinya," ia menambahkan. 

Foto: Wisnu Abi, 23 tahun, di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (30/3/2024). Ia memilih memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran H-1 bulan untuk dapat harga murah. (Tribunnews/Mario Sumampow). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat