androidvodic.com

Polisi Amankan 1.640 Lokasi di Jakarta saat Perayaan Hari Raya Idulfitri, Antisipasi Teror Bom - News

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal menggelar Operasi Ketupat Jaya 2024 mulai 4-16 April 2024 dalam rangka pengamanan jelang Hari Raya Idulfitri 1445H.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan nantinya pihaknya akan mengamankan 1.604 lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

"Rakor lintas sektroral dalam rangka kesiapan Operasi Kepolisian Ketupat Jaya 2024 dengan sasaran mengkuti orang, barang, tempat maupun kegiatan di 1.640 lokasi selama 13 hari," kata Karyoto saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Karyoto menjelaskan dalam operasi tersebut terdapat 4.105 personel gabungan yang terdiri dari 3.514 personel Polri, 100 personel TNI dan 491 personel Pemerintah Daerah (Pemda).

Dia mengatakan ribuan personel tersebut bertujuan untuk menberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran lalu lintas kepada masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Karyoto pun menyebut ada sejumlah kerawanan yang harus diwaspadai dan diantisipasi saat pengamanan tersebut yang satu di antaranya adalan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Yang kedua, operasi rawan, Bandara, Terminal, Pelabuhan, Stasiun, dan tentunya juga rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh masyarakat yang melakukan mudik, pusat-pusat perbelanjaan dan perbankan, kejahatan konvensional, curat, pncurian malam hari, copet, dan lain-lain," ucapnya.

Selain itu, kata Karyoto, juga menyinggung pihak akan memberikan pengamanan dan pelayanan di tempat-tempat wisata yang akan dipadati pengunjung setelah Lebaran.

"Nah ini tentunya hal yang sedikit saya singgung, bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang kesehatan. Teror bom atau sabotase serta bencana alam," jelasnya.

Baca juga: Menko Polhukam Koordinasikan Pengamanan Paskah, Mudik hingga Lebaran

Dalam hal ini, Karyoto mengatakan pihaknya dan stakeholder terkait tidak bisa bekerja sendiri tanpa mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Menyikapi sejumlah kerawanan tersebut diperlukan komitmen, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik, diantara seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, aparat keamanan termasuk pelaku usaha, hingga seluruh elemen masyarakat lainnya demi terwujudnya kondisi Kamtibmas sebagaimana yang kita harapkan," jelasnya.


193 Juta Masyarakat Diprediksi Akan Mudik

Untuk informasi, Pemerintah memprediksi jumlah pemudik pada 2024 diprediksi akan meningkat sekitar 50 persen dibandingkan tahun 2023.

Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Muhadjir Effendy setelah melakukan Rapat Koordinasi (rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

“Jumlah pemudik berdasarkan hasil survei diprediksi akan sekitar 193 juta atau terdapat kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu,” kata Muhadjir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat