androidvodic.com

Sapi Kurban 300 Kg Ngamuk dan Lompat ke Kali di Tanjung Priok - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK -  Diduga stres, seekor sapi kurban mengamuk lalu lepas dan melompat ke Kali Sentiong di wilayah Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (16/6/2024).

Sapi berbobot sekitar 300 kilogram itu kabur saat hendak diturunkan dari truk bersama dengan sembilan ekor sapi lainnya untuk dikirimkan ke masjid-masjid di sekitar lokasi.

Berdasarkan video amatir warga, terlihat saat sapi tersebut berenang di aliran kali usai lepas dan mengamuk di jalanan.

Baca juga: Penampakan Sapi Kurban Megawati Mirip Banteng Bobot 2 Ton, Sapi Kurban Jokowi di Semarang 1 Ton

Sapi itu berenang ke sana ke mari selama beberapa menit, sebelum akhirnya mendekati jembatan buatan dan ditarik warga untuk naik ke daratan.

Proses pengangkatan sapi dari kali ke daratan berlangsung cukup sulit, di mana beberapa warga setempat bersusah payah menarik tali yang masih terikat pada leher hewan kurban itu.

Seorang warga di lokasi, Iyan Beno mengatakan, sapi tersebut lepas saat diturunkan dari truk yang ingin dibawa ke masjid di dekat lokasi.

Adapun sapi yang lepas itu berjenis sapi Bali, dikirimkan dari daerah Subang, Jawa Barat.

 “Kejadiannya pas turun dari truk, ada perlawanan juga dari sapinya ya kan, terus lari-lari ke rel kereta, lewat jembatan rel, langsung nyebur sapinya,” kata Iyan, Senin (17/6/2024).

Menurut Iyan, sejumlah warga sampai kewalahan untuk mengangkat sapi dari dalam kali ke daratan.

Butuh waktu sekitar satu jam hingga akhirnya sapi bisa dinaikkan ke daratan.

Baca juga: Jokowi Bagikan Sapi Kurban ke 38 Provinsi di Indonesia dan IKN, Masing-masing 1 Ekor

“Awalnya mau dibawa ke masjid, jadi ya ngamuk lah. Mungkin stres dia, banyak orang, banyak anak-anak kecil,” kata Iyan.

Meski sudah berhasil diangkat dari saluran air, sapi tersebut sementara masih diamankan di lokasi pemotongan ayam yang berada di samping kali.

Sesaat setelah kejadian, sapi tersebut belum bisa dipindahkan ke masjid lokasi tujuan asalnya karena dikhawatirkan akan mengamuk kembali.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Stres Banyak Orang, Sapi Kurban 300 Kg Ngamuk Lompat ke Kali Sentiong Tanjung Priok

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat