androidvodic.com

48 Ilustrator Meriahkan Penyelenggaraan Pameran Budaya di Pos Bloc Jakarta - News

News, JAKARTA - Indonesia kaya akan seniman dan kreator ilustrasi yang karyanya telah memperoleh pengakuan Internasional, namun seringkali sulit untuk mendapatkan apresiasi di negeri sendiri. 

Menghadapi tantangan ini, sebuah pameran seni budaya bertajuk Ter4si Sovlo 2024 akan diselenggarakan selama tiga hari pada 12-14 Juli 2024 di Pos Bloc, Jakarta.

Kegiatan ini menjadi wadah baru bagi para ilustrator Indonesia untuk memamerkan karya mereka, memperluas relasi, berkolaborasi, dan meningkatkan wawasan, serta menjual karya-karya mereka dalam konsep Art You Can Wear.

Lidya Valensia, founder Sovlo mengatakan, ajang ini diharapkan akan menjadi acara tahunan yang dinantikan.

Nama 'Ter4si' dipilih dari kata 'terasi' yang merupakan jenis bumbu masakan lokal Indonesia yang sekaligus juga mengajarkan bahwa dalam seni, hal-hal sederhana namun berbeda bisa digabungkan dengan harmonis untuk menciptakan pengalaman yang dalam dan penuh makna.

"Ini adalah format baru untuk ilustrator di Indonesia, di mana seni visual dan fashion bertemu dalam harmoni yang unik," ujar Lidya Valensia dikutip Rabu, 10 Juli 2024.

Pihaknya berharap ajang ini tidak hanya menjadi sebuah ajang pameran, tetapi juga dapat menjadi sebuah pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi dan mengapresiasi seni, serta budaya Indonesia.

"Ter4si bukan hanya tentang sebuah karya seni visual, tetapi juga pengalaman dalam merasakan kekayaan budaya Indonesia secara langsung," kata Lidya.

Hardantee, salah satu illustrator yang tergabung dalam Keluarga Ilustrator Solvo sejak 2021 bilang, acara ini memberikan pengalaman nostalgia, dimana sebelumnya saya pernah aktif berpameran, namun sempat vakum hampir 5 tahun.

"Ini menjadi pengalaman pertama lagi sejak sekian lama. Melalui persiapan yang matang oleh seluruh tim dan 48 Ilustrator, semoga Art Exhibition ini menjadi penghargaan yang sangat berkesan untuk semua orang yang terlibat didalamnya,” ujarnya. 

Acara ini juga akan menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti talkshow Artful Dialogues brsama para kreator dan ilustrator ternama Indonesia untuk mendalami inspirasi di balik karya-karya mereka dan perjalanan kisah sukses mereka, seperti Muklay, Dinda Puspitasari, dan Popomangun.

Ada juga Experience the Art, seni instalasi yang unik, aktivitas seni, kelas menggambar, dan kelas tari rradisional gratis untuk memperkaya pengalaman seni dan budaya serta trunk show koleksi Indonesia Cultural Heritage yang menampilkan karya seni sebagai bagian dari busana dan aksesori sehari-hari.

Baca juga: 5 Ide Usaha untuk Penyuka Anime, Salah Satunya Jasa Ilustrator

Kegiatan lainnya di gelaran seni ini adalah 'Karaoke Night' bertema karaoke dengan diiringi alat musik tradisional sebagai bentuk pengalaman budaya yang lebih luas, serta Ter4si Market di mana para pengunjung dapat membeli koleksi seni hasil karya para illustrator lokal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat