androidvodic.com

Jusuf Kalla Sisir Wilayah Poso, Kondisi Kembali Tenang - News

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham

News, POSO - Suasana Kota Kabupaten Poso, Minggu (23/12/201) tampak tenang. Poso tak seperti hari-hari sebelumnya yang dipadati penjagaan aparat di berbagai titik sepanjang ruas jalan dan tempat-tempat umum lainnya. Masyarakat terlihat damai beraktivitas seperti biasanya.

Poso pascainsiden baku tembak yang menewaskan tiga personel Brimob Polda Sulawesi Tengah, kawasan pegunungan, Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir, Kebupaten Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (20/12/2012).

Kemarin, mantan Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla dan rombongannya sibuk keliling menyisir berbagai daerah di Poso demi menenangkan warga Poso. JK didampingi Kapolda Sulteng Brigjen Pol Dewa Persana, Bupati Poso Piet Inkiriwang, dan Wakil Gubernur Sulteng Sudarto.

Hajatan damai ala JK telah digelar dan bertumpu di daerah Sulewana, Pamona Utara, Poso. Di daerah itu, JK mengumpulkan ratusan warga, puluhan tokoh masyarakat, pendeta, ulama, anggota TNI, polisi Poso untuk konsolidasi damai.

Manuver baru JK itu berlangsung dalam bingkai soft opening PLTA Poso II di daerah yang juga saran konflik itu. JK menyatukan warga dalam event yang terkesan mendadak itu.

Selepas itu, hari ini, Poso tenang. Tak terlihat lagi penjagaan berlapis bertumpuk senjata. Warga Poso kembali beraktivitas seperti biasa.

"Biasanya kalau sudah datang Pak JK, Poso itu aman, tenang, masyarakat sudah tau, makanya kami tidak perlu khawatir lagi seperti kemarin-kemarin. Mudah-mudahan ke depan tidak konflik lagi," kata warga Jl Dr Sam Ratulangi kota Kabupaten Poso, Wiwis Marlina (24).

Rombongan JK yang didaulat Husain Abdullah yang Media Officer JK ini menyempatkan keliling Poso untuk pantau-pantau sambil silaturahmi di kediaman warga dan di Pondok Pesantren Modern Gontor 13 di Jl Trans Sulawesi, Poso.

Wartawan Kompas, Jakarta Post, Harian Tribun Timur, Antara News, Metro TV, dan TV One, tergabung dalam agenda jalan-jalan ini sebelum balik ke Makassar.

NASIONAL POPULER

  • Sikap PPP Soal Fatwa MUI Larangan Ucapan Natal
  • Angie: Ditinggalkan Teman Separtai, Ya Itulah Realita
  • Kiamat Batal, PKS Gelar Syukuran
  • Pengamat: Surya Paloh Dinilai Melebihi Soeharto
  • Kelompok Laten Mengaku Menembak Tiga Brimob di Situs…

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat