androidvodic.com

Polri : Teroris Ingin Bangun Kekuatan Kelompoknya di Poso - News

Laporan Wartawan News, Adi Suhendi

News, JAKARTA - Aksi teror yang muncul belakangan ini di Poso menjadi bukti bahwa kekuatan kelompok teroris di Poso semakin besar. Apalagi, rata-rata targetnya anggota kepolisian. Dan ini harus diwaspadai supaya tidak berimbas pada konflik sosial seperti dulu.

Dari beberapa orang anggota kelompok teroris yang berhasil dicokok polisi di Poso berasal dari luar wilayah Poso seperti dari NTB. Seperti diketahui NTB pun juga punya sejarah menjadi basis kelompok teroris.

"Selama ini kita kenal sebagai orang-orang yang datang dari luar Poso. Itu sudah terbukti dari beberapa orang yang berhasil ditangkap," kata Kepala Biro Penerangan Masyrakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (3/1/2013).

Melihat hal tersebut, karena Poso pernah memiliki sejarah konflik sosial, Polisi melihat ada keinginan dari orang-orang luar yang pernah datang ke Poso pada saat konflik ingin kembali ke wilayah tersebut.

"Ternyata mereka ingin kembali, di sana membangun kekuatan kelompok teror dengan mengajak masyarakat, mengajak kalangan pemuda-pemuda yang ada di sana," ucapnya.

Dengan kondisi tersebut, tentu penanganan Poso tidak bisa dilakukan secara parsial perlu dilakukan secara utuh. Supaya masyarakat pun memiliki kemampuan untuk mencegah dan menangkal rencana aksi teror tersebut.

"Ini yang harus kita cegah agar niat seperti ini tidak berhasil," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat