androidvodic.com

Tiga Wanita AU Ikut Terjun Bebas - News

Laporan Wartawan News, Wahyu Aji

News, JAKARTA - Serangkaian atraksi darat dan udara dipersiapkan TNI AU dalam rangkaian acara memeriahkan HUT TNI AU ke-67 pada Selasa (9/4/2013) hari ini yang dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Beberapa aksi udara yang akan digelar di antaranya ada terjun bebas militer oleh 158 penerjun dari Korpaskhas. Terjun bebas tersebut menggunakan dua pesawat Hercules. Menariknya, ada 3 wanita AU yang turut serta dalam aksi terjun bebas.

Aksi udara lainnya adalah Dynamic Pegasus Show dan Jupiter Aerobatic Team. Hanya ada beberapa negara di dunia yang mampu melakukan atraksi Dynamic Pegasus Show, yaitu Indonesia, Spanyol dan India.

Untuk atraksi Jupiter Aerobatic Team, TNI AU menggunakan pesawat  fixed wing. Dalam atraksi tersbeut, pesawat menari dengan lincah di udara selama 15 menit.

Atraksi yang disiapkan terbagi dalam aksi darat dan aksi udara. Aksi darat diantaranya dimeriahkan oleh penampilan marching band dari karbol AU. Selain itu, ada pula atraksi dari tim bravo yang menampilkan halang rintang dan simulasi pelumpuhan aksi terorisme.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Azman Yunus mengatakan, untuk aksi 200 peterjun akan menggunakan tiga pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan beberapa peterjun akan menampilkan pendaratan pada perahu Landing Craft Rubber (LCR).

Korpaskhas juga akan menampilkan keterampilan Tim Bravo'90 dalam simulasi menembak jarak dekat secara bersamaan dan berhadapan serta Halang Rintang (HR).

"Sebanyak 2.163 personel disiapkan untuk memeriahkan HUT TNI AU yang bertema 'Dengan Profesionalisme dan Dedikasi yang Tinggi, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan Negara di Udara Demi Keutuhan NKRI'," kata Azman.

Dalam upacara nanti juga akan diberikan tanda jasa kepada beberapa prajurit yang berprestasi, antara lain, tanda jasa Swabuana Paksa Nararya, Stya Lencana Kesetiaan untuk masa bakti selama 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun dan 32 tahun.

HUT ke-67 TNI AU juga akan dimeriahkan dua tim aerobatik kebanggaan Indonesia, yaitu 'Jupiter Aerobatic Team' (JAT) dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto dan 'Team Dynamic Pegasus' Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat