androidvodic.com

Dalam Cerita Rakyat Badak Jawa Dijuluki Abah Gede - News

News — Di jalan tanah tertutup daun yang menghadap sawah subur, badak terlangka di dunia telah meninggalkan jejak masih hangat dalam lumpur lembut dan tampak ada bekas gigitan di dedaunan.

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), yang dihormati dalam cerita rakyat setempat dan disebut sebagai Abah Gede, diperkirakan hanya tersisa sekitar 50 ekor, semuanya hidup di alam liar Taman Nasional Ujung Kulon, daerah dengan keindahan alam yang menakjubkan di ujung barat pulau Jawa.

Konservasionis berharap bahwa suaka baru bagi Badak Jawa yang akan dibuka di taman nasional ini, dapat menyelamatkan kembali satwa ini dari ancaman kepunahan.

Dulu makhluk pemalu ini berjumlah ribuan dan berkeliaran di seluruh Asia Tenggara. Namun, seperti spesies badak lainnya di seluruh dunia, perburuan dan perambahan manusia pada habitatnya telah menyebabkan penurunan populasi secara dramatis. Uni Internasional untuk Konservasi Alam mengatakan hewan tersebut "membuat pertahanan terakhir".

Suaka baru akan mencakup 5.100 hektare dari hutan hujan yang rimbun, aliran air nan segar dan kubangan lumpur di taman yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Pagar listrik juga sedang dibangun -bagian akhir dari pekerjaan yang harus diselesaikan, untuk menandai batas dan mencegah badak tersesat keluar dari tempat suaka dan mencegah manusia masuk.

Petugas taman nasional, yang merupakan pegawai pemerintah, juga telah menanam makanan yang cocok untuk badak. Selama kunjungan AFP baru-baru ini, para pekerja terlihat membersihkan pohon-pohon palem dan menggantinya dengan semak dan pohon kecil.

"Kami berharap di tempat ini akan lebih banyak satwa langka berharga ini lahir," kata Kepala Taman Nasional Moh Haryono kepada AFP. "Dalam kawasan yang lebih tertutup, badak jantan dan betina akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bermain-main dan kawin dengan bebas."

Kerja berat

Sebelum pendirian suaka, yang dikelola pemerintah tetapi sepenuhnya didanai oleh badan amal yang berbasis di AS, International Rhino Foundation, ada banyak hal yang tidak mudah dikerjakan.

Suaka pada awalnya akan dibuka pada 2011 tetapi tertunda karena birokrasi, masalah yang umum di Indonesia, yang memiliki birokrasi rumit dan sering tidak efisien.

Pekerjaan juga terhenti selama setahun akibat protes dari warga yang menuntut ganti rugi atas lahan pertanian mereka, serta dari aktivis satwa yang merasa penggunaan alat-alat berat untuk membangun pagar mengancam lingkungan.

Namun semua hambatan sekarang tampaknya telah diatasi dan suaka harus segera dibuka secara resmi.

Suaka hanya sebuah langkah kecil dalam perjuangan yang berat untuk menyelamatkan Badak Jawa. Para pejabat di Ujung Kulon percaya ada 51 badak pada 2012, mendasarkan perkiraan mereka pada foto yang diambil oleh kamera tersembunyi.

Badak Jawa kini populasinya sudah sangat menurun. WWF Indonesia mengatakan ancaman tidak lagi perburuan tetapi kelangkaan pangan, penyakit dan risiko bencana alam. AFP - ARLINA ARSHAD

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat