androidvodic.com

Kompolnas: Anggaran Operasional Polri Masih Kecil - News

News, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memandang anggaran untuk operasional kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat masih sangat minim.

Komisioner Kompolnas M Nasser mencontohkan anggaran untuk bahan bakar sepeda motor yang digunakan untuk patroli satu harinya hanya dijatah 1,2 liter, sementara mobil patroli dijatah 3,2 liter per hari.

"Biaya yang kurang sangat berdampak pada operasional. Misalnya motor patroli sehari cuma 1,2 liter bensin jatahnya. Mobil hanya 3,2 liter perhari. Tidak mungkin menjangkau wilayah yang seharusnya diamankan," ungkap Nasser di Kantor Kompolnas, Sabtu (16/8/2014).

Dikatakannya, dalam waktu singkat pihaknya akan bertemu dengan Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, serta presiden terpilih nantinya. Kompolnas akan menyampaikan kinerja kepolisian terkait dengan rasionalisasi anggaran.

"Operasional Polri hanya Rp 8,9 triliun, bandingkan dengan Rp 1800 triliun APBN. Anggaran Polri sangat kecil," ungkapnya.

Dikatakan dia, berdasarkan hasil kajian Kompolnas idealnya kepolisian memiliki dana yang lebih untuk kebutuhan operasionalnya.

"Idealnya belanja operasional berdasarkan penelitian kompolnas Rp 20 triliun," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat