androidvodic.com

JK Dijadwalkan Hadiri Peringatan Maulid IKA Unhas Jabodetabek - News

News, JAKARTA - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Jabodetabek akan menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang akan dilaksanakan pada, Minggu (1/2/2015) di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta.

Acara dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB dan akan dibuka oleh Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla yang juga adalah Ketua IKA Unhas.

Menurut Abd. Razak Wawo, Ketua IKA Unhas Jabodetabek, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H ini dimaksudkan untuk merevitalisasi kembali teladan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW untuk di-implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Khusus untuk Alumni Unhas sendiri,” kata Razak seperti dikutip News dalam situs IKA Unhas.

"Tentunya memiliki makna sangat penting dalam upaya menjalin silaturrahmi dan persaudaraan terlebih kepada keluarga alumni Unhas di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Ajang ini juga menjadi wahana untuk bertukar informasi dan pikiran bagaimana menjadikan IKA Unhas khususnya di wilayah Jabodetabek menegaskan peran strategisnya dengan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa," kata Razak.

Dia menambahkan bahwa pada kegiatan ini akan disajikan tradisi khas perayaan Maulid ala Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah hidangan kaddo’ minynya‘ yang berarti nasi minyak.

Berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, nasi minyak yang kerap disajikan dalam tradisi maulid ini tidak menggunakan banyak santan. Lauk pauk yang “menemaninya” diantaranya yang cukup unik adalah ayam gagape (olahan ayam bersantan ditambah sangrai bubuk yang gurih) serta tumpi-tumpi atau perkedel ikan berbentuk segitiga.

Yang paling unik dari kaddo’ minynya‘ adalah hiasannya yang heboh yaitu telur rebus berwarna-warna serta kertas bercorak meriah. Biasanya diletakkan dalam satu wadah tertentu (ember kecil atau loyang) dimana telur rebus warna-warni ditancapkan atau diselipkan diatasnya dengan menggunakan bilah kayu kecil dihiasi kertas krep aneka warna cemerlang.

“Dalam event ini kita berencana mengadakan Festival Kaddo’ Minynya’ dan kue tradisional Sul-Sel/Sulbar antar IKA Fakultas. Kue-kue itu diantarkan pada hari pelaksanaan dan akan kami sediakan hadiah-hadiah yang menarik,” tambah lelaki yang akrab dipanggil Kak Aca ini.

“Tentunya selain itu kita akan mendengarkan ceramah agama serta pentas seni religi yang ditampilkan oleh teman-teman IKA UNHAS,”  dia menambahkan.

Bagi anda yang berminat untuk ikut, disilakan mendaftarkan diri anda di form ini (Gratis) dan bisa membawa anggota keluarga maksimal 3 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat