androidvodic.com

3G, Kiat Sukses Rizal Ramli kepada Para Wisudawan - News

News, JAKARTA - Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli berbagi pengalaman dengan ratusan wisudawan di Universitas Jayabaya.

Menurut mantan Kepala Bulog itu ada tiga kiat untuk mencapai kesuksesan. Itu berdasarkan pengalaman hidupnya.

"Selain izin dari Tuhan, saya sering mengatakan untuk sukses itu hanya perlu 3G," kata Rizal saat memberikan orasi ilmiah dies natalis 57 Universitas Jayabaya di Balai Prajurit, Tebet, Jakarta, Kamis (8/10/2015)

G yang pertama kata Rizal adalah Gesit Otak. Menurutnya, jika seseorang memiliki kecerdasan pasti bisa melakukan banyak hal. Termasuk untuk mencapai kesuksesan.

Kemudian G yang kedua adalah Gesit Tangan. Menurut Mantan Menko Perekonomian itu untuk menjadi orang sukses, harus berani mengambil inisiatif.

Baik dalam dunia bisnis, profesional, politik dan pendidikan. Sebab orang yang gesit tangan, tegas Rizal, akan lebih berhasil dari orang yang hanya gesit otak.

"Yang berhasil di kalangan profesional modelnya gesit tangan, ada inisiatif dan terobosan. Kalau gesit otak biasanya dia hanya jago di dunia akademik dan riset," ujarnya.

Sedangkan G yang ketiga adalah Gesit Gaul. Rizal menilai gaul bukan berarti dalam lingkup negatif, seperti di dunia gemerlap.

Gesit gaul maksudnya untuk menjadi sukses harus bisa memiliki banyak kenalan, relasi, misalnya bergabung dengan organisasi atau kelompok-kelompok aktivis.

"Kalau cuma punya 1 G, saudara hanya bisa hidup, kalau punya 2 G bisa sukses, tapi kalau punya ketiganya saudara mau jadi apa saja bisa," katanya.‎

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat