androidvodic.com

Universitas Multimedia Nusantara Bangun Gedung Ramah Lingkungan - News

News, JAKRTA – Riset Indonesian Petroleum Association menyebutkan Indonesia terancam mengalami krisis energi beberapa tahun mendatang. Dari data tersebut terjadi kesenjangan antara permintaan energi dan pasokan produksi yang tidak seimbang.

Untuk itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan lembaga pendidikan yang peduli pada energi nasional ingin berkontribusi untuk Indonesia dengan membangun Tower 3 UMN yang masih mengusung konsep hemat energi.

Wakil Rektor UMN menjelaskan, pembangunan Tower 3 UMN ini dibuat agar tidak boros penggunaan energy. Seluruh arsitektur yang ada di ruangan Tower 3 ini hemat energi. “Tower 3 ini memiliki banyak ruang terbuka yang menggunakan ventilasi udara alam yang sejuk, sehingga gedung menjadi nyaman digunakan untuk perkuliahan dan bekerja,” kata Andrey di Serpong, Senin (18/1/2016).

Dia juga menyebutkan, dengan desain gedung seperti ini maka penggunaan pendingin udara bisa dikurangi sehingga energi yang digunakan untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang.

Sementara itu Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto mengatakan tujuan pembangunan Tower 3 ini adalah untuk mengakomodir kegiatan belajar mengajar mahasiswa UMN. Karena setiap tahunnya jumlah mahasiswa terus meningkat sehingga membuat kebutuhan kapasitas ruangan bertambah. “Hari ini lewat pembangunan Tower 3 yang mengusung tea ramah lingkungan, kita semua menjalankan visi misi Kompas Gramedia Group,” ungkapnya.

Seperti Gedung New Media Tower, Tower 3 juga menggunakan double skin yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk kedalam ruangan sehingga ruangan cukup dingin dan terang. Keberadaan roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Tower 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara mejadi lebih sejuk. Lalu, cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara membuat basement nantinya tidak perlu menggunakan kipas listrik.

Untuk merealisasikan pembangunan Tower 3, UMN kembali menggandeng arsitek PT Duta Cermat Mandiri. Nantinya gedung baru ini akan memiliki 18 lantai dengan total ketinggian gedung yang mencapai 80 meter dan dapat menampung lebih dari 5 ribu mahasiswa.

Selain kelas, akan ada pula beragam fasilitas lain guna menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu di UMN. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah laboratorium untuk Program Studi Teknik Fisika, Teknik Elektro, dan Arsitektur; Lecture Theater yang mampu menampung hingga 500 orang; dan sarana olahraga indoor seperti lapangan basket, futsal, dan badminton. Diperkirakan gedung ini akan selesai pada Agustus 2017.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat