androidvodic.com

Pantau Bencana, Basarnas Miliki Command Center - News

Laporan Wartawan News, Glery Lazuardi

News, JAKARTA – Sebagai upaya mempermudah koordinasi, pengendalian, dan pemantauan pelaksanaan operasi Search and Rescue (SAR), Badan SAR Nasional (Basarnas) meresmikan Command Center. Peresmian Command Center berlangsung di Kantor Basarnas, Senin (29/2).

Kepala Basarnas, Marsekal Madya FFHB Soelisyo, mengatakan Basarnas Command Center berfungsi menerima laporan terjadi kecelakaan, bencana, dan kondisi yang membahayakan manusia.

Lalu, melaksanakan koordinasi dengan instansi atau organisasi potensi SAR terkait pelaksanaan operasi SAR, melaksanakan koordinasi, kerjasama dan pertukaran informasi dengan negara lain dalam pelaksanaan operasi SAR, dan mengendalikan serta memantau pergerakan unit SAR dalam pelaksanaan operasi SAR. 

“Operasi SAR membutuhkan kecepatan dalam mengambil suatu keputusan. Command Center bertujuan untuk tim di lapangan sehingga dapat bekerja secara terstruktur dan hasil operasinya dapat dilihat," kata dia dalam keterangan pers, Selasa (1/3/2016).

Pembangunan Basarnas Command Center ini sebagai upaya untuk mendukung keanggotaan Indonesia dalam ICAO Council dan lobi Indonesia dalam rangka pengaturan ulang wilayah udara NKRI yang termasuk dalam FIR Singapure.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyat khususnya di bidang SAR," tutur Soelistyo.

 Command Center tersebut juga memiliki system pendukung yang antara lain adalah LUT and MCC Cospas-Sarsat System, Remote Satellite, Communication System, Flight Monitor System, Communication Satellite and Monitoring for Rescue Boat, Ship Tracking System.

Kemudian, SAR Map Application, SAR Core Application, Digital Maps, Integration Information Geospasial, Call Center 115, HF Transceiver Radio, VHF Transceiver Radio, Marine Bands, Ground to Air Radio, dan Amateur Radio, serta Video Conference.

 Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengapresiasi pengembangan Command Center yang dibangun Basarnas. Menurutnya, hal ini merupakan satu upaya yang sangat kreatif dalam memonitor adanya kejadian bencana sehingga penanganannya lebih cepat. 

 "Kami sangat mengapresiasi adanya command center yang dioperasikan oleh basarnas yang bisa mencakup banyak kegiatan. Ini satu upaya yang sangat kreatif sekali, bahwa basarnas dengan ide yang original membuat command center yang sangat bagus menggunakan teknologi informasi semodern mungkin dengan tujuan supaya reaksi atau kegiatan basarnas apabila diperlukan bisa lebih cepat dan akurat,” ujar Menteri Jonan.

 Namun demikian, Jonan berharap agar perkembangan teknologi mampu diikuti oleh Basarnas dalam mengembangkan system untuk diimplemantasikan dalam Command Center tersebut. “Harapan saya makin lama ya makin mengikuti teknologi, di samping memang disiplin atau kapasitas personil harus tetap dijaga baik seperti sekarang,” katanya.

Peresmian Command Center tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-44 yang mengusung tema ‘Melalui Soliditas dan Sinergitas, Badan SAR Nasional Bersama TNI, POLRI, Pemda, dan Potensi Masyarakat, Siap Melaksanakan Operasi SAR’.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat