androidvodic.com

Masjid At-Tin Taman Mini dan Keinginan Ibu Tien Soeharto Saat di Mekkah - News

Laporan Wartawan News, Yurike Budiman

News, JAKARTA -  Masjid Agung At-Tin yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, merupakan bangunan peninggalan keluarga Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto.

Meski nama At-Tin bukan berasal dari mendiang sang istri tercinta, Tien Soeharto, namun pembangunan Masjid ini atas dasar inisiasi anak-anaknya.

Mereka teringat pesan Ibu Tien saat pergi ke Mekkah ingin mendirikan masjid di Indonesia.

"Pada saat mereka ke Mekkah, ibu Tien berkeinginan membangun masjid yang besar. Nah, setelah beliau wafat, diwujudkanlah pembangunan Masjid ini, atas kecintaan anak-anak kepada orantuanya," ujar Kepala Sekretariat Masjid At-Tin, Jahrudin, Senin (25/4/2016).

Setelah Ibu Tien meninggal dunia, anak-anaknya membentuk Yayasan Ibu Tien dan mendirikan masjid di dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang kemudian dinamakan At-Tin.

Penamaan Masjid At-Tin melukiskan peran utama yang diembannya yakni memelihara dan mengaktualkan fitrah kesucian yang melekat pada jiwa manusia yang berasal dari kegiatan positif.

"Masjid At-Tin terinspirasi dari Surah At-Tin yang diharapkan juga bisa menjadi oase spiritual dan memberikan pencerahan intelektual."

"Nama sesuatu itu kan untuk menggambarkan sifat dan harapan yang terkandung atas kehadirannya, itulah mengapa At-Tin yang dipilih," jelas Jahrudin saat ditemui di kantornya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat