androidvodic.com

Menhub Tinjau Angkutan Haji untuk Pastikan Pelayanan Terbaik - News

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta semua operator untuk memberi pelayanan terbaik saat pelaksanaan embarkasi haji.

Hal itu disampaikan untuk memastikan kesiapan semua pesawat yang akan mengangkut jemaah haji ke Tanah Air.

"Saya minta kepada semua operator untuk memberikan pelayanan yang terbaik," kata Menhub usai meninjau pelaksanaan Embarkasi Haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (3/8/2017).

Budi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan laporan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Saudia Airlines, PT Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura II (Persero).

"Dari laporan yang disampaikan oleh Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura II, semua berjalan baik," katanya.

Menhub juga sempat berbincang dengan para jemaah haji. Ada di antara mereka yang baru pertama kali menggunakan pesawat terbang. 

Menhub memijta pramugari memberikan pelayanan yang baik kepada mereka.

"Saya juga berpesan kepada pramugari supaya mereka beri pelayanan yang baik, karena mungkin ada orang yang baru pertama kali naik (pesawat). Jadi harus diberikan suatu pengertian yang baik," kata Budi.

Sementara itu, semua penerbangan haji yang semula berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Terkait dengan hal ini, Menhub mengatakan sudah mengecek pergerakan antara dua bandara tersebut.

"Saya sudah mengecek pergerakan dari Bandara Halim ke Bandara Soekarno Hatta. Ternyata tidak lebih dari dua jam. Saya pikir ini satu waktu yang bisa ditolerir," ungkapnya.

Lebih lanjut, Menhub menyatakan landasan di Bandara Soekarno Hatta aman digunakan untuk penerbangan haji jenis pesawat B777.

"PT Angkasa Pura II sudah menetapkan bahwasanya total load maksimal 326 penumpang. Tadi saya lihat Garuda Indonesia jenis pesawat B777 maksimal 295 penumpang, itu aman sekali. Artinya landasan di bandara Soekarno Hatta juga akan aman," kata Menhub.

Dia menambahkan pihaknya sudah berdiskusi dengan Saudia Airlines terkait efisiensi penggunaan pesawat jenis B777.

"Saya sudah berdiskusi dengan Saudi. Pesawat jenis B777 ini memang punya keunggulan. Terbang bisa direct dan sekali angkut bisa 400 penumpang. Ini suatu efisiensi yang luar biasa," kata Menhub.

Jumlah jamaah haji tahun 1437 H/2017 M di seluruh Indonesia adalah 206.535 orang. Sedangkan total kapasitas seat sebanyak 209.192 yang terbagi dalam 511 kelompok terbang (kloter).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat