androidvodic.com

Airnav Gelontor Dana Rp 136,9 Miliar Untuk Navigasi di Papua - News

News, JAKARTA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia meningkatkan layanan navigasi di Papua.

Tahun ini lembaga tersebut menginvestasikan dananya untuk Papua hingga Rp. 136,92 miliar. Jumlah tersebut meningkat sebesar 149 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar Rp54,98 miliar.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan peralatan navigasi penerbangan untuk teknologi surveillance dengan satelit, AirNav Indonesia akan menggunakan produk BUMN dalam negeri yang kualitasnya memang tidak kalah dibandingkan produk luar.

"Ini juga sekaligus sinergi BUMN yang berdampak positif pada pertumbuhan industri dan ekonomi dalam negeri,” ujar Novie dalam keterangan persnya, Jumat (25/8/2017).

Demikian juga untuk telekomunikasi di Papua yang memiliki ratusan bandara, baik jaringan komunikasi VHF, optik dan satelit Vsat, AirNav akan bekerjasama dengan BUMN bidang telekomunikasi yang mempunyai jaringan terluas di Papua, sehingga efisien dan efektif.

Novie menambahkan, selain peralatan, sumber daya manusia juga menjadi salah satu kunci untuk peningkatan layanan navigasi penerbangan di wilayah Papua.

“Kami telah memiliki road map untuk memenuhi kebutuhan personil navigasi penerbangan. Bahkan untuk di wilayah Papua kami juga meluncurkan program rekrutmen putra-putri terbaik Papua untuk bergabung menjadi personel navigasi penerbangan,” terang Novie.

Dia menjelaskan, AirNav telah memilih sebelas putra-putri terbaik Papua dan saat ini mereka sedang menempuh pendidikan dan pelatihan navigasi penerbangan dengan pembiayaan dan insentif dari AirNav.

Kesebelas putra-putri Papua tersebut kini tengah menempuh pendidikan dan pelatihan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura dan diharapkan sudah dapat bekerja pada akhir tahun 2017 ini.

“Nantinya mereka akan kami tempatkan di bandara-bandara terdekat dengan daerah asal masing-masing,” tutur Novie.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat