androidvodic.com

Dewan Pers: Berita Rentan Jadi Sarana Komunikasi Teroris - News

Laporan Wartawan News, Rizal Bomantama

News, JAKARTA - Dewan Pers melalui diskusi bertajuk “Terorisme, Moralitas Media dan Kebangsaan Kita” pada Selasa (22/5/2018) mengingatkan bahwa pemberitaan rentan menjadi sarana berkomunikasi oleh para teroris.

Hal itu diungkapkan anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo tentang maraknya pemberitaan mengenai aksi terorisme di Surabaya, Sidoarjo, dan Riau beberapa waktu lalu.

“Pemberitaan rentan menjadi sarana teroris berkomunikasi. Seperti di Eropa dan Amerika Serikat, media-media di sana mulai menyelidiki apakah diri mereka sendiri dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi para teroris,” ungkapnya saat membuka diskusi di Kantor Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Satu orang narasumber yaitu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agum Gumelar membenarkan hal tersebut.

Menurutnya para teroris memang berusaha mengetahui keadaan target mereka melalui pemberitaan.

Bahkan menurut mantan Menteri Perhubungan di era Presiden Abdurrahman Wahid itu para teroris berusaha menebarkan teror melalui pemberitaan.

“Tujuan teroris adalah membunuh satu orang untuk menakuti semuanya dan itu mereka upayakan dengan mendapatkan pemberitaan dari media. Media harus hati-hati jangan sampai dimanfaatkan teroris.”

“Prinsipnya memang mereka bekerja di gelap, kita di zona terang,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat