androidvodic.com

Taman Nasional Tanjung Puting Jadi Destinasi Wisata untuk Sambut Wonderful Sail to Indonesia - News

News, JAKARTA - Para peserta wonderful sail to Indonesia 2018 yacht rally tak lama lagi akan tiba di Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Diperkirakan 70 yachts dari berbagai negara itu akan hadir di wilayah tersebut pada 8 hingga 11 Oktober 2018.

Untuk menyambut para turis tersebut, pemerintah daerah (Pemda) Kalimantan Tengah mengandalkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai destinasi wisata andalan.

Hal itu karena taman tersebut diklaim sebagai habitat orang utan terbesar di dunia.

Baca: 8 PSK Jalani Sidang Tipiring, Ancaman Hukumannya 6 Bulan Penjara

Sekda Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menyatakan, kunjungan besar-besaran turis ke Kumai bukanlah yang pertama kali, event serupa juga menempatkan Kumai sebagai tempat yang disinggahi.

"Ada apa di Kumai? Nah, Kumai adalah bagian daripada Kotawaringin Barat yang memiliki Taman Nasional Tanjung Puting. Taman tersebut adalah hutan rawa dan di situ habitat orang utan," kata Fahrizal Fitri.

Rangkaian acara untuk menyambut para turis di taman tersebut di antaranya yakni memberikan makan orang utan, jamuan makan malam khas daerah, dan pertunjukan kesenian tradisional.

Sebagaimana diketahui, Wonderful Sail to Indonesia 2018 merupakan eventpelayaran menggunakan yacht yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan yacht rally organizer, John Martin, untuk mengembangkan wisata bahari Indonesia.

Baca: Wanita Pemeran Video Asusila dengan Anak-anak Diganjar Rehabilitasi di Panti Sosial Selama 6 Bulan

Event tersebut juga bertujuan untuk menambah devisa negara melalui pariwisata, khususnya wisata kelautan.

Wonderful Sail to Indonesia 2018 sudah mulai masuk Indonesia sejak 26 Juli dan rencanannya akan ke luar Indonesia pada November mendatang.

Setidaknya ada 18 wilayah yang dikunjungi 70 yachts tersebut, beberapa di antaranya yaitu Bangka, Buton Utara, Buton Selatan, Labuan Bajo, Belitung, Tanjung Pinang, dan Kumai.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono Soesilo berharap, para awak yacht, yang merupakan orang-orang kaya, banyak berbelanja di Indonesia.

"Mereka-mereka itu kan orang yang kaya raya, ya kita berharap mereka menghabiskan banyak uang untuk belanja di Indonesia. Jadi ekonomi daerah berkembang dan kita dapet banyak devisa," kata Indroyono di kantornya, beberapa waktu lalu.

Simak videonya di atas.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat