androidvodic.com

Dispensasi Itu Istilah Halus 'Main Dua Kaki' - News

News, JAKARTA- Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut 'main dua kaki' karena tidak berani menindak tegas kadernya yang membelot mendukung Jokowi - Ma'ruf.

Partai Demokrat telah sepakat mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Namun belakangan, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dianggap 'main dua kaki'. Apalagi, terlihat pada sikap partai yang tidak menindak tegas sejumlah kadernya yang membelot dan mendukung petahana Joko Widodo-Kiai Maruf Amin.

Seperti, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Papua Lukas Enembe, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan yang terbaru Gubernur Banten Wahidin Halim. Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, sikap berbeda pilihan yang ditunjukkan sejumlah kader Demokrat menunjukkan ada dinamika politik yang berseberangan terkait dengan pilihan Capres.

Meskipun dikemas dengan bahasa dispensasi atau alasan mengamankan suara partai demi pemilu legislatif. "Menurut saya dispensasi itu istilah halus 'Main Dua Kaki," kata Karyono

Karyono juga mengatakan, fenomena politik semacam ini sudah menjadi tabiat para politisi di setiap kontestasi pemilihan presiden maupun kepala daerah. Hal itu tidak hanya terjadi di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sejatinya tidak hanya kader dan pengurus, tapi juga di tingkat pemilih Partai Demokrat. Tentunya di akar rumputyang menjadi basis pemilih partai Demokrat juga terjadi perbedaan pilihan capres," tegasnya.

Kendati demikian, Karyono menilai fenomena adanya main dua kaki bukan untuk mengamankan Agus Harimurti Yudhono (AHY) di kabinet Jokowi-Ma'ruf jika terpilih Pilpres 2019. Namun beberapa kader Demokrat yang justru memanfaatkan situasi.

"Mungkin kalaupun ada yang masuk kabinet justru bukan AHY, tapi kader Demokrat seperti TGB dan Sukarwo," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat