androidvodic.com

Tebalnya Lumpur Persulit Pencarian Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Lainnya - News

News, JAKARTA - Kepala Balai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) M Ilyas mengatakan, tingginya lumpur jadi kendala pencarian cockpit voice recorder (cvr), bagian lain dari black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang belum ditemukan.

Ia mengatakan, lumpur yang cukup tinggi mengakibatkan sinyal cvr jadi lemah dan sulit dideteksi. Diduga, cvr tenggelam di dasar laut yang berlumpur sehingga menyulitkan pencarian.

"Masalahnya kan lumpur. Lumpurnya setinggi lutut di bawah," ujar Ilyas saat perjalanan menggunakan Kapal Baruna Jaya menuju Tanjung Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Namun demikian, Ilyas mengatakan tetap berusaha maksimal untuk mencari sinyal cvr.

Baca: Musibah Lion Air PK-LQP Buat Mantan Pramugari Laura Lazarus Sadar Masih Simpan Trauma 14 Tahun Lalu

Hari Kamis (1/11/2018) kemarin, kapal Baruna Jaya I mendeteksi sinyal cvr di area sekitar laut yang sebelumnya ditemukan flight data recorder (fdr) atau rekaman data penerbangan.

Pencarian kembali dilakukan di sekitar kawasan tersebut.

"Ketika masuk lumpur (sinyal) dia akan melemah. Tapi kemarin sudah terdeteksi," ujar Ilyas.

Operasi SAR gabungan yang melakukan pencarian pesawat Lion Air JT 610 menunjukkan titik terang pada hari ketiga, Rabu (31/10/2018).

Sinyal kotak hitam atau black box Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29/10/2018), di Perairan Karawang, Jawa Barat, bisa terdeteksi. 

Kapal Riset (KR) Baruna Jaya milik Badan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil menemukan sinyal black box yang paling dicari saat kecelakaan pesawat itu.

Pada Kamis, ditemukan FDR yang merupakan salah satu bagian dari keseluruhan perangkat black box Lion Air JT 610.

Saat ini Basarnas dan seluruh personel dari TNI dan Polri melakukan pencarian CVR.

Pencarian dilakukan dengan menurunkan remotely operated vehicles (rov) untuk mencari fisik kotak hitam tersebut

Simak video di atas. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lumpur Persulit Pencarian Sinyal "Black Box" Satu Lagi dari JT 610"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat