androidvodic.com

Prabowo Sebut Selang Cuci Darah RSCM Dipakai 40 Pasien, Gerindra: Mungkin Maksudnya Tabung Dialisis - News

News, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut RSCM memakai berkali-kali selang cuci darah untuk pasien cuci darah.

Informasi dari orang tersebut disampaikan Prabowo Subianto saat pidato dalam Ceramah Kebangsaan Akhir Tahun di Hambalang, Bogor.

"Saya dapat laporan di RSCM ada alat pencuci ginjal yang seharusnya alat itu punya saluran-saluran dari plastik dari karet dan dari alat-alat tertentu yang hanya boleh dipakai satu orang satu kali," ungkap Prabowo Subianto.

Menurut dia, seharusnya alat-alat tersebut dipakai sekali dan hanya untuk satu pasien, tidak bisa dipakai berulang.

Namun, berdasar laporan yang Prabowo dapat, alat-alat yang sama dipakai untuk 40 pasien.

"Saya dengar ada yang melaporkan, di RSCM hari ini dipakai untuk 40 orang. Jadi orang yang sakit ginjal dia harus hidup dari pencucian darah. Tapi kalau dia ke RSCM alatnya dipakai 40 orang dia dapatnya bisa macam-macam," sambung Prabowo Subianto.

Spontan pernyataan Prabowo Subianto itu dibantah pihak RSCM sampai mereka menggelar konferensi pers.

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti didampingi jajarannya langsung menghadapi media dan bereaksi atas pernyataan Prabowo Subianto.

"RSCM selama ini dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk pelayanan cuci darah itu menganut azas untuk patient safety," ungkap Lies, Rabu (2/1/2019).

Baca: Pernyataan Prabowo Subianto Soal Selang Cuci Darah Tuai Kontroversi, RSCM Bereaksi : Patient Safety

"Jadi untuk keselamatan pasien dan kami menjaga mutu pelayanan yang kami sampaikan kepada pasien-pasien di RSCM selama ini. Khususnya pelayanan hemodialisis dan cuci darah memang digunakan selang untuk sekali pakai," tegas dia.

Gerindra Luruskan Ucapan Prabowo
Tak hanya pihak RSCM, DPP Gerindra juga angkat suara dan mencoba meluruskan ucapan yang dimaksud Prabowo Subianto dalam pidatonya itu.

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade menangkap bisa jadi maksud Prabowo Subianto bukan selang tapi tabung cuci darah.

Andre Rosiade mengaku apa yang disampaikan Prabowo Subianto berdasar informasi dari orang lain.

"Beliau sampaikan kepada kita semua yang hadir tanggal 29 Desember di Hambalang. tapi saya sudah memahami maksud beliau itu bukan selang tapi tabung dialisis," ujar Andre di Kompas Petang, Rabu (2/12/2018).

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti
Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti ditemani jajaran direksi menggelar konferensi pers pada Rabu (2/1/2019). RSCM membantah pernyataan calon presiden 02 Prabowo Subianto yang menyebut penggunaan selang untuk pasien cuci darah dipakai berkali-kali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat