androidvodic.com

RI Luncurkan Pelatihan Bisnis untuk Pengungsi Palestina di Amman, Yordania - News

News, AMMAN - Pemerintah Indonesia membuka program peningkatan kapasitas bagi pengungsi Palestina dengan tajuk "Internasional Training of Trainers on Business Planning for Women in Refugee Camps: Women Empowerment to Achieve Sustainable Development Goals di Amman, Yordania", pada Selasa (5/3/2019).

Pembukaan program pelatihan langsung dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, menjelang peringatan Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret.

"Saya ingin dedikasikan hari tersebut untuk perempuan Palestina, bagi peran mereka dalam perdamaian dan keamanan,” tutur Menlu Retno saat pembukaan.

Pelatihan bisnis tersebut dilaksanakan di Amman pada 5-8 Maret 2019.

Pelatihan terdiri dari 30 peserta dari berbagai lembaga penanganan pengungsi di Palestina dan Yordania, termasuk UNRWA Palestina, UNRWA Yordania, Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO), East Jerusalem Young Men Christian Association (YMCA), Women’s Centre Al Thouri Silwan, dan WAFAA Group-Palestine.

Sementara, pelatih dan tenaga ahli dari Global Entrepreunership Network (GEN) Indonesia, yang berada di bawah Ciputra Foundation dan memiliki kemitraan dengan Queen Rania Foundation di Yordania.

Baca: KPK Serahkan Aset Akil Mochtar Hasil Sitaan ke KPKNL Pontianak

Lebih lanjut Menlu RI menyampaikan, membangun bangsa Palestina, tidaklah mudah, di mana dibutuhkan kondisi yang kondusif, serta dukungan internasional baik dalam bidang ekonomi, pembangunan maupun pengembangan kapasitas.

Retno menambahkan, Indonesia telah sejak lama telah memberikan dukungan bantuan kapasitas bagi Palestina, seperti antara lain dalam bidang pengembangan UMKM, pemberdayaan perempuan, good governance, pendanaan mikro maupun pelestarian lingkungan hidup.

"Semua itu membentuk fondasi penting bagi pengembangan institusi Palestina,” tegas Menlu Retno.

Pada kesempatan ini pula, Menlu RI juga menyaksikan penandatanganan letter on intent antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Palestina mengenai pemberian bantuan kemanusiaan untuk Gaza terkait pengadaan desalinasi air dan obat obatan serta alat alat kesehatan, yang di tanda tangani oleh Sekjen Kemlu RI, Duta Besar Mayerfas dan Duta Mazen Shamiyah, Assistant Minister for Asia, Africa and Australia , dari Kemlu Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat