androidvodic.com

Dari Rice Cooker, Cobek, Mangga Muda Hingga Rokok: Barang Bawaan Jemaah Haji Indonesia - News

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ada saja cerita unik dari jemaah haji asal Indonesia, terutama barang bawaan mereka saban musim haji tiba.

Dedeh kedapatan membawa rice cooker, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper bawannya.

Jemaah calon haji asal Subang, Jawa Barat, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 18 ini terpaksa harus membuka kembali kopernya saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Kamis (11/7/2019).

Barang bawaannya di dalam koper besar terdeteksi bermasalah setelah melewati mesin pemindai X-Ray.

Rice cooker

Koper milik Dedeh langsung disisihkan petugas. Saat dibuka ada sejumlah benda dan bahan makanan seperti rice cooker, cobek, teri goreng, hingga sambal terasi botol.

Dedeh jemaah calon haji asal Subang Jawa Barat kedapatan membawa penanak nasi, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper
Dedeh jemaah calon haji asal Subang Jawa Barat kedapatan membawa penanak nasi, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Ia mengaku sengaja membawa peralatan masak agar saat di Arab Saudi tidak keropetan mencari keperluan yang dia butuhkan.

"Mau buat makanan di sana, sambel aja bawa cobek kayu yang kecil, teri goreng, udah mateng ini mah," kata Dedeh kepada petugas.

Selain itu, perlengkapan bumbu masak seperti Masako, gula merah turut dibawa Dedeh.

Meski begitu, bahan-bahan masakan itu tidak turut disita petugas, hanya rice cooker yang terpaksa dikeluarkan karena tidak diperkenankan dibawa.

BACA SELENGKAPNYA DI SINI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat