androidvodic.com

Kapolri Pimpin Sertijab Komandan Brimob dan Kapolda Kalteng - News

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) dan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (7/8).

Irjen Pol Ilham Salahudin yang awalnya menjabat Dankorbrimob kini mendapat amanah memimpin Kalteng. 

Sementara Kapolda Kalteng terdahulu, Irjen Pol Anang Revandoko bertukar posisi menjabat sebagai Dankorbrimob. 

Pertukaran posisi keduanya diketahui tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2023/VIII/KEP./2019. 

Baca: Kapolri Pimpin Upacara Sertijab dan Kenaikan Pangkat Pati Polri

Bertindak sebagai inspektur upacara, Tito membacakan sumpah yang kemudian diikuti oleh Ilham dan Anang. 

Keduanya bersumpah akan setia pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Selain itu mereka akan melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan penuh tanggung jawab. 

"Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan," ujar Ilham dan Anang, saat menirukan sumpah yang dibacakan Tito, di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). 

Baca: Robert Rene Alberts Beberkan Pemain yang Dibidik Persib Bandung di Bursa Transfer Putaran Kedua

Hadir pula dalam upacara sertijab tersebut Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Pol M. Iriawan, Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Saiful Maltha, hingga Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Diketahui, Irjen Pol Ilham Salahudin tak lagi menjabat posisi Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri.

Kini, ia mengemban amanah baru sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Adapun posisi Dankorbrimob sekarang diemban oleh Irjen Pol Anang Revandoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalteng.

Sehingga keduanya hanya bertukar posisi. 

Mutasi tersebut tercantum dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor : ST/2023/VIII/KEP./2019 tertanggal 2 Agustus 2019, dan telah dikonfirmasi oleh Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. 

"Ya, betul ada rotasi jabatan. Hal ini dilakukan dalam tour of duty, penyegaran dan reward. Diantaranya Kapolda Kalteng, Kakorbrimob, beberapa wakapolda, kapolres dan lainnya," ujar Dedi, ketika dikonfirmasi, Jumat (2/8/2019). 

Dedi turut menambahkan bahwa mutasi Ilham Salahudin merupakan penghargaan atas kinerjanya mengamankan Pemilu di wilayah dan Ibukota. 

"Untuk (mutasi) Kakorbrimob sebagai reward atas keberhasilan beliau memimpin pasukan dalam pengamanan pemilu di wilayah dan pengamanan pemilu di ibukota," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat