androidvodic.com

Peringatan Dini BMKG: Sejumlah Wilayah Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir, Selasa 13 Agustus - News

News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa (13/8/2019) hari ini.

Dikutip News dari laman resmi bmkg.go.id, terdapat intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia Barat Lampung hingga Selatan Jawa.

Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara/massa udara basah di lapisan bawah dan menengah sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

Baca: Peringatan Dini BMKG Hari Ini Selasa 13 Agustus 2019: Waspadai Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi

Baca: Prakiraan Cuaca 33 Kota Hari Ini Selasa 13 Agustus, Banda Aceh Hujan Lokal hingga Siang Hari

Namun demikian, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yang basah dan lembab di lapisan
bawah.

Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan
Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, NTT dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan
Papua.

Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik timur Filipina, Australia bag utara hingga Laut Arafura bag barat.

Belokan terdapat di Sumatera bag Utara, dan Kalimantan bag utara.

Sebelum melakukan aktivitas hari ini sebaiknya simak wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Selasa (13/8/2019).

Wilayah berpotensi hujan lebat:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat