androidvodic.com

Panitia Beberkan Lima Tujuan Diadakannya Gelaran Sail Nias 2019 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Dalam rangka penyelenggaraan Sail Nias 2019, Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan talkshow "Explore Sail Nias 2019" di Graha Pengayoman Kemenkumham, Kamis (29/8/2019).

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid, selaku perwakilan panitia Sail Nias 2019 menjelaskan tujuan digelarnya Sail Nias.

Pertama, gelaran tersebut bertujuan untuk memperkuat dan memperkokoh visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kedua, acara tersebut diselenggarakan guna mempercepat pembangunan Provinsi Sumatera Utara khususnya Nias di bidang ekonomi dan pariwisata.

Baca: Jokowi Diminta Bentuk Badan Khusus Tangani Perpindahan Ibu Kota

Baca: Personel TNI Tewas dalam Kerusuhan di Papua, Legislator PKS: Ini Tamparan Keras Bagi Kita

Baca: Update Terbaru Fabiano Beltrame dan Kelanjutan Transfer Dewangga Jelang Persib Bandung Vs PSS Sleman

Ketiga, mempercepat pembangunan dan pengembangan sumber daya kelautan dan parisiwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Keempat, harapan kita adalah rute-rute pelayaran yacht atau kapal laut internasional untuk disesuaikan dengan agenda dan jadwal dari kegiatan Sail Nias agar menyinggahi Nias," kata Taufik.

Kelima, mendorong masyarakat, stakeholder, pemerintah untuk bahu membahu membangun sektor maritim dan pariwisata.

"Kita ingin supaya laut dan potensi bahari di Indonesia bisa dikembangkan lebih jauh sebagai sumber kemakmuran masyarakat Indonesia," kata Taufik.

Nias memiliki wisata alam, budaya, dan hasil karya yang menarik untuk dinikmati.

Seperti Desa Bawomataluo yang menjadi ikon wisata budaya Pulau Nias menyuguhkan daya tarik tersendiri dengan adanya tari Fataele dan Hombo Batu.

Kemudian ada Pantai Sorake dan Pantai Lagundri yang menjadi satu spot surfing terbaik di dunia.

Nias juga memiliki destinasi diving dengan pantainya yang alami.

Selain itu, ada Desa Hilisao'oto dengan Situs Megalitik Tetegewo di Nias Selatan sebagai rumah bagi peradaban megalitikum yang hidup.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 sendiri mengangkat tema 'Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia'.

Acara tersebut akan dimeriahkan 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama tiga bulan pada Juli hingga September 2019, di 5 Kabupaten Kota Kepulauan.

Adapun kegiatan menarik yang bisa dinikmati wisatawan selama acara berlangsung yakni, Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, dan Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing and Sailing, dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat