androidvodic.com

Palapa Ring Beroperasi, Pemerintah Minta Operator Berikan Layanan Berkualitas dan Murah - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Pemerintah meminta operator telekomunikasi bergerak cepat memberikan layanan komunikasi ke Indonesia bagian timur, setelah beroperasinya Palapa Ring.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Keminfo (Bakti) Anang Latif mengatakan, pemerintah telah membangun Palapa Ring atau jalan tol langit, agar operator telekomunikasi mudah memberikan layanan komunikasi ke seluruh daerah.

"Jadi pemerintah sudah membangun jalan tolnya, atau 80 persen persoalan sudah beres dan 20 persennya lagi kami ajak operator untuk bekerjasama," tutur Anang di gedung Keminfo, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Anang berharap, operator nantinya dapat memberikan layanan komunikasi yang maksimal di Indonesia bagian Timur seperti layaknya di Pulau Jawa.

"Operator bisa memanfaatkan Palapa Ring ini, dan kami berharap kualitas baik dengan harga yang terjangkau," ucap Anang.

Baca: Ngetes Akses Internet Palapa Ring, Jokowi: Di Merauke Masih Lemot atau Sudah Baik, Pak Bupati?

Proyek jaringan tulang punggung (backbone networks) serat optik sepanjang 12.128 kilometer ini dibangun oleh pemerintah melalui Bakti Keminfo.

Palapa Ring terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket Barat yang menghubungkan 5 kabupaten/kota layanan dan 7 kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Lalu Paket Tengah menghubungkan 17 kabupaten/kota layanan dan 10 kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Kalimantan Timur.

Sementara Palapa Ring Paket Timur menghubungkan 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi yang meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat