androidvodic.com

Perbatasan di Sebatik Diukur Ulang, Patok Tiga Bergeser 50 Meter Untungkan Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, SEBATIK - Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono menyampaikan perkembangan kondisi perbatasan Indonesia-Malaysia di Sebatik, pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Widi menyatakan telah melakukan pemeriksaan ulang terkait patok batas Indonesia dengan Malaysia di Sebatik. Hasilnya, seharusnya ada beberapa patok yang harus disesuaikan ulang sesuai koordinat yang benar.

Salah satunya, patok tiga yang seharusnya bisa begeser 50 meter menguntungkan Indonesia.

"Patok-patok ini sudah kita cek ulang posisi yang bener dimana. Karena kemarin dulu penentuan pertama patok di antaranya patok tiga itu seharusnya 50 meter masuk ke wilayah Malaysia," kata Widi saat menghadiri acara Sebatik Trail Run 2019, Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (1/12/2019).

Baca: Patok BIG Terpasang di Sotek Penajam Paser Utara, Warga Menduga Patok Penanda Ibu Kota Baru RI

Ia juga menambahkan, pengukuran ulang batas patok Indonesia-Malaysia telah dibahas melalui unit commander meeting.

"Unit commander meeting itu pertemuan komandan untuk membahas kondisi perbatasan ini dan implementasinya adalah patroli bersama antara pasukan kita TNI dan tentara Diraja Malaysia. Ini kita selenggarakan terus supaya masing-masing pihak bisa ngerti mana batas kita," ungkapnya.

Lebih lanjut, Widi menambahkan, nantinya ada patok perbatasan Indonesia-Malaysia lainnya yang akan kembali disesuaikan bersama.

"Kemarin sudah diukur ulang dan saat sekarang sudah dibuat patok patok baru mengikuti dengan koordinat yang sudah ditentukan," tukasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat