androidvodic.com

Menkeu Sri Mulyani Bercerita Tentang Perjalanannya di World Bank: Pertama Kali Karena Ibu Megawati - News

News - Menteri Keuangan Sri Mulyani menceritakan tentang pengalamannya bekerja di dunia internasional.

Ia adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Managing Direktur of World Bank (Direktur Pelaksana Bank Dunia).

Jabatan tersebut rupanya tak lepas dari peran Presiden Republik Indonesia ke lima , Megawati Soekarnoputri.

Sri Mulyani menuturkan, Megawati Soekarnoputri memberikan surat tugas kepadanya sebagai Eksekutif Direktur di International Monetary Fund (IMF).

"Itu pertama kali adalah karena Ibu Mega yang menugaskan kepada saya. Di situ, saya mulai mengenal institusi yang disebut IMF dan World Bank (Bank Dunia)," ungkap Sri Mulyani yang Tribunnews kutip melalui tayangan YouTube Kompas TV, Minggu (22/12/2019).

Ia mewakili Indonesia dan sebelas negara lain di IMF tersebut.

"Tujuan Eksekutif Direktur itu adalah memperjuangkan suara-suara dari anggota IMF, terutama pada saat kami berbicara tentang program," katanya.

Program-program tersebut berbicara tentang isu-isu, dan kebijakan yang dapat mempengaruhi negara.

Wanita yang menjabat sebagai Menteri Keuangan di dua periode masa jabatan Presiden Joko Widodo itu juga menuturkan kisahnya berkiprah sebagai Managing Direktur World Bank.

"Yang kedua, saya menjadi Managing Direktur World Bank, adalah saat saya di bawah Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," tuturnya.

Sri Mulyani menegaskan jabatan yang ia emban adalah satu kesempatan seusau menjabat sebagai Sekretaris Dewan Ekonomi Nasional, dan Menteri Bappenas, serta Menteri Ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk Top World's 100 Most Powerful Women versi Forbes. Jadi satu-satunya wanita Indonesia.
Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk Top World's 100 Most Powerful Women versi Forbes. Jadi satu-satunya wanita Indonesia. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

Percaya Diri sebagai Perempuan

Kepercayaan diri sebagai perempuan di nilai Sri Mulyani sudah ada banyak contoh di Indonesia.

Contoh-contoh tersebut ada di semua level masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat