androidvodic.com

Muncul Sinkhole di Maros Sulawesi Selatan, Ketahui Kejadian Serupa di Indonesia dan Mancanegara - News

News - Amblesnya tanah secara tiba-tiba yang membentuk lubang di Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, menambah catatan peristiwa amblesnya tanah di Indonesia

Secara umum, amblesnya tanah dan membentuk sebuah lubang tersebut dinamakan Sinkhole atau Doline.

Sinkhole dalam Bahasa Indonesia disebut dengan tanah turun.

Sinkhole adalah sebuah lubang besar yang terjadi karena hilangnya lapisan tanah akibat aliran air yang mengikis bebatuan sekitar.

Jenis bebatuan yang mudah terkikis oleh air biasanya yaitu batu kapur/ Karst.

Tercatat beberapa kejadian yang sama pernah terjadi di Indonesia bahkan pernah terjadi di berbagai negara di dunia.

Untuk itu, Tribunnews sudah merangkum berbagai peristiwa Sinkhole di Indonesia dan dari berbagai Negara dari berbagai sumber

1. Sinkhole di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Luweng Blimbing Pasca Kejadian Banjir tanggal 28 November 2017 diberitakan telah ambles dengan luasan mecapai 1 ha dan menelan pohon-pohon jati yang berada di atasnya.

Warga melintas di sekitar luweng Blimbing di Serpeng Wetan, Desa Pancarejo, Semanu, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Rabu (24/1/2018). Luweng yang sempat menjadi danau akibat badai Cempaka tersebut kini telah surut airnya dan tanah disekitar mengalami longsor, yang mengakibatkan luweng menjadi semakin lebar. Saat ini petugas kepolisian setempat telah memasang garis polisi dan para pengunjung diharapkan berhati-hati. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Warga melintas di sekitar luweng Blimbing di Serpeng Wetan, Desa Pancarejo, Semanu, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Rabu (24/1/2018). TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI)

Luweng yang sempat menjadi danau akibat badai Cempaka tersebut kini telah surut airnya dan tanah disekitar mengalami longsor, yang mengakibatkan luweng menjadi semakin lebar.

Menurut Pakar Karst dari Fakultas Geografi UGM, Eko Haryono menyebut kejadian yang terjadi di Luweng Blimbing secara morfologi merupakan bentuk Sinkhole / Doline Suffusion. 

Yaitu Doline yang terbentuk karena tertelannya endapan tanah ke dalam sistem perguaan yang ada di bawahnya.

Doline merupakan ciri utama dari sebuah kawasan karst, karena pembentukan morfologikarst pada dasarnya adalah proses pembentukan doline atau cekungan tertutup. 

2. Sinkhole di Brebes Jawa Tengah 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat