androidvodic.com

Ditjen Pas: Masa Perawatan Setya Novanto Tergantung RSPAD Gatot Soebroto - News

Laporan Wartawan News, Glery Lazuardi

News, JAKARTA  -  Terpidana kasus korupsi Setya Novanto menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Selama menjalani pengobatan di RSPAD itu, mantan Ketua DPR RI tersebut akan ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang dari sebelumnya di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.

Berapa lama Setya Novanto akan menjalani pengobatan di RSPAD?

"Lamanya berobat tergantung pendapat dokter yang menangani di RSPAD Gatot Soebroto," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto, saat dihubungi News, Jumat (27/12/2019).

Untuk diketahui, terpidana kasus korupsi, Setya Novanto dipindahkan untuk sementara dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang.

Baca: Ditjen Pas: Pengamanan Setya Novanto di RSPAD Tanggungjawab Lapas Cipinang

Upaya pemindahan itu dilakukan karena alasan kesehatan. Mantan Ketua DPR RI itu sedang menjalani pengobatan secara terencana di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Hal itu diungkap oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto.

Baca: Kunjungi Lapas Sukamiskin, Ini Temuan Ombudsman Soal Kamar Mewah Setya Novanto

"Proses pemindahan Setnov sesuai prosedur," kata dia saat dihubungi News, Jumat (27/12/2019).

Upaya pemindahan itu dilakukan berdasarkan rujukan dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Pemindahan Setya Novanto dilaksanakan pada Kamis (26/12/2019).

Baca: Kronologi Pemindahan Terpidana Korupsi Setya Novanto ke Lapas Cipinang

"Narapidana dapat dipindahkan sementara untuk menjalani berobat terencana dan rawat inap apabila letak rumah sakit yang dirujuk d luar provinsi tempat narapidana menjalan pidana untuk dititipkan sementara di Lapas terdekat dengan rumah sakit tempat berobat," kata dia.

Dia menjelaskan, Setya Novanto berangkat dari Lapas Sukamiskin pada Kamis sekitar pukul 05.00 WIB. Dia tiba di Lapas Kelas 1 Cipinang pada pukul 07.54 WIB.

Setya Novanto dibawa menggunakan ambulance rumah sakit dengan engawalan polisi dan pengawalan petugas lembaga pemasyarakatan.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Setya Novanto dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto dengan pengawalan dari Lapas 1 Cipinang. Pada pukul 10.51 WIB, Setya Novanto tiba di RSPAD Gatot Soebroto.

Setya Novanto tiba di RSPAD Gatot Soebroto menggunakan ambulance rumah sakit, pengawalan polisi, petugas Lapas Kelas 1 Cipinang dan petugas Lapas Kelas 1 Sukamiskin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat