androidvodic.com

Fakultas Kedokteran UI Pastikan Belum Ada Warga Indonesia yang Terinfeksi Virus Corona - News

News, JAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memastikan sampai dengan Kamis (30/1/2020) kemarin, belum ada masyarakat di Indonesia yang terinfeksi virus corona atau yang dijuluki 2019-nCoV itu.

Dekan FKUI dr Ari Fahrial Syam menjelaskan dalam acara Seminar Awam dan Media Wabah Coronavirus: Status Terakhir di Indonesia, bahwa belum ada yang terkonfirmasi spesifik terinfeksi 2019-nCoV.

"Sampai hari ini memang yang suspect itu ada, tapi yang terkonfirmasi spesifik saat ini belum ada," ujarnya di Gedung IMERI FKUI Salemba, Jakarta Pusat.

Namun, menurut Ari yang juga ahli penyakit dalam, fenomena ramainya virus corona itu masih membawa hikmah positif.

"Ini seperti mengingatkan kita harus hidup sehat. Seperti mencuci tangan salah satu hal sederhananya, sehingga bisa terhindar dari penyakit apa pun," ujarnya.

Pengajar di Departemen Mikrobiologi FKUI Fera Ibrahim yang menjadi pemateri dalam acara seminar tersebut juga, sependapat dengan Ari dan menegaskan bahwa di Indonesia belum ada yang secara spesifik orang di Indonesia yang terinfeksi virus asal Wuhan itu.

Baca: Korban Tewas Akibat Virus Corona Melonjak Jadi 213 orang

Baca: Alfi Rian Terpaksa Jalan Kaki 7 Menit Berbelanja Makanan untuk Stok Seminggu

Fera yang juga pakar virus meminta masyarakat untuk mengikuti perkembangan virus corona melalui sumber-sumber yang terpercaya, mulai jumlahnya berapa, negara mana yang terdampak.

"Tadi malam saya melihat sudah banyak dan terkonfirmasi termasuk sebaran dari negaranya.

"Kenapa kita tahu? karena kita harus paham yang dinamakan suspect atau dalam pengawasan, itu terkait dengan negara yang terjangkit. Itu mungkin kita harus mengetahui gejalanya, jadi harus melihat pada data yang benar," ujar Fera.

Bukan Perkara Mudah

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia tengah mengupayakan langkah koordinasi lintas kementerian untuk mengantisipasi virus corona.

"Sudah beberapa hari ini saya mengkoordinasikan dengan kementerian lain, menghitung dampak virus ini untuk Indonesia," ujar Retno, pada kesempatan acara 'Katadata Indonesia Data and Economic Conference 2020' yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Baca: Menlu Retno: Ini Bukan Perkara Mudah, Tapi Kewajiban Kita Melindungi WNI di Seluruh Dunia

Baca: DPR Wacanakan Jemput WNI dari Wuhan, Lalu Titipkan Mereka ke Negara Lain

Menteri Retno mengaku, beberapa hari ini, perhatiannya terfokus pada seberapa besar dampak yang bisa ditimbulkan dari virus ini, khususnya kepada Indonesia.

Menurutnya, ini bukan perkara mudah karena berkaitan dengan upaya memberikan perlindungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tersebar di seluruh dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat