androidvodic.com

Penjelasan RSPI SS soal Pasien Kasus 01 dan 02 Tetap Positif Virus Corona Meski Sudah Lama Dirawat - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyestha

News, JAKARTA - Pasien positif terinfeksi virus corona kasus 01 dan 02 masih belum dinyatakan sembuh atau negatif meski sudah lama menjalani perawatan.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dr. Mohammad Syahril mengatakan kasus 01 dan 02 sudah menjalani empat kali menjalani tes namun selalu berakhir positif.

Baca: Wajah Merah, Perawat Corona di Italia: Lelah Tapi Cinta Pekerjaan Ini

"Dia (pasien kasus 01 dan 02) selalu diulang (tes laboratorium) setiap dua hari. Sejauh ini hasilnya masih positif terus, sudah empat kali tes," ujar Syahril, dalam konferensi pers, di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (12/3/2020).

Syahril mengatakan, virus corona atau COVID-19 adalah virus baru, sehingga perilaku atau sifatnya belum sepenuhnya dipahami oleh tenaga medis.

Oleh karenanya, dia mengatakan tak mudah setiap pasien yang sudah positif dapat berubah menjadi negatif.

"Bisa saja pasien positif, setelah diperiksa positif lagi, kemudian positif lagi dan seterusnya. Tetapi juga ada yang positif jadi negatif. Artinya setiap pasien ini tidak mudah konversi negatif," jelas Syahril.

Baca: Publik Figur Positif Corona, Tom Hanks hingga Daniele Rugani

Namun dia menegaskan pihak rumah sakit telah berupaya maksimal untuk meningkatkan sistem imun tubuh pasien kasus 01 dan 02.

"(Upaya meningkatkan) daya tahan tubuh sudah kami siapkan, ada dokter rehab medik, psikologi, dan ada ahli gizi juga," tandasnya.

Tiga pasien di RSUP Persahabatan diperbolehkan pulang

Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan 3 pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19.

"Sudah membaik, tidak ada keluhan, secara laboratorium 2 kali. Dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif. Mereka memutuskan sembuh dan tidak membutuhkan perawatan," kata Achmad Yurianto di lokasi, Kamis (12/3/2020).

Baca: Pujian Yunarto untuk Anies Soal Penangan Corona: Cepat Ambil Keputusan Dibanding Pemerintah Pusat

Meskipun sudah diyatakan sembuh, ketiga pasien sementara harus membatasi aktivitasnya setelah kembali ke keluarganya.

Selain itu, mereka pun harus tetap menjaga asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Baca: WHO Nyatakan Corona sebagai Pandemi, Apakah Pengertiannya ?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat