androidvodic.com

Ganti Jabat Tangan dengan Gerakan Berikut Ini untuk Antisipasi Penyebaran Virus - News

News - Merebahnya virus corona di berbagai belahan dunia menimbulkan ketakutan berlebih bagi banyak orang.

Penularan cepat dari virus corona ini diduga karena adanya kontak langsung dengan orang yang terjangkit virus corona.

Maka dari itu beberapa pihak sudah mulai melakukan antisipasi sederhana, seperti mengganti gerakan berjabat tangan.

Semua orang mulai mengubah kebiasaan jabat tangannya di tempat kerja, di tempat ibadah maupun di rumah.

Dilansir dari theguardian.com, beberapa orang mengganti cara berjabat tangan atau berpelukan dengan salam siku dan hentakan kaki.

Hal ini bermula ketika Kanselir Jerman, Angela Markel mengulurkan tangannya ke Menteri dalam Negeri Jerman Horst Seehofer, namun Horst melambaikan tangan dan mengganti jabat tangan tersebut dengan siku.

Demikian juga di Prancis , di mana menteri kesehatan, Olivier Véran, telah menyarankan orang untuk mengurangi pelukan dan ciuman.

Jabat tangan mentransfer dua kali jumlah bakteri, karena cenderung menyatukan telapak tangan satu sama lain yang berpotensi mempercepat penularan bakteri dan virus.

Baca: UPDATE Corona di Indonesia: Ada 134 Kasus, Ini Daerah Sebarannya

Baca: Perjalanan KA Tetap Sesuai Jadwal, Pencegahan Virus Corona Berlanjut

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara mengganti etika berjabat tangan, berpelukan maupun berciuman:

1. Diberitakan sebelumnya, jabat tangan sehari-hari dapat diganti dengan salam siku, salam siku ini adalah dengan menyatukan siku satu orang dengan orang lain.

2. Diansir dari Instagram Wali Kota Solo @fx.rudyatmo, Jabat tangan bisa diganti dengan melakukan hormat.

Salam Pengganti Jabat Tangan
Salam Pengganti Jabat Tangan (Getty Images)

3. Selain itu jabat tangan juga bisa diganti dengan gerakan menyatukan telapak tangan diri sendiri, gerakan salam ini sudah digunakan oleh beberapa orang di Indonesia.

4. Anda juga bisa mengganti gerakan jabat tangan dengan gerakan menyatukan ibu jari dan telunjuk (love sign), di Korea Selatan gerakan ini melambangkan tanda cinta.

5. Dilansir dari Instagram @makassar_iinfo, gerakan jabatan ini dilakukan dengan cara yang berbeda oleh para pegawai pemerintahan, yaitu dengan bedanya jabat tangan ini tidak menempelkan telapak tangan satu sama lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat