androidvodic.com

Imbauan Pemerintah, Positif COVID-19 dengan Keluhan Ringan Cukup Lakukan Isolasi Diri - News

Laporan Wartawan News, Srihandriatmo Malau

News, JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan mereka yang positif terinfeksi virus corona (COVID-19) dengan keluhan ringan cukup melakukan isolasi diri.

"Kalau kita lihat dan teliti dengan baik sebenarnya banyak diantara mereka yang sebenarnya tidak perlu diindikasikan untuk masuk ke rumah sakit. Karena positif dengan keluhan yang ringan sebenarnya cukup untuk melakukan isolasi diri," ujar Yurianto dalam konferensi pers seperti diyatangkan di Channel Youtube BNPB Indonesia, Minggu (22/3/2020).

Dia menjelaskan, isolasi diri memiliki makna secara aktif melakukan pencegahan agar tidak menularkan ke orang lain.

Apabila sedang menjalani isolasi diri, dia berpesan, agar batasi kontak dengan anggota keluarga yang lain, tidak menggunakan alat makan dan minum secara bersama-sama.

Baca: Positif Terjangkit Covid-19, Andrea Dian Sampaikan Imbauan kepada Orang yang Pernah Kontak Dengannya

Baca: Tercatat 64 Kasus Baru Positif Terjangkit Virus Corona, Mayoritas di DKI Jakarta

Baca: BREAKING NEWS: Kasus Virus Corona di Indonesia Bertambah, Total 514 Orang Positif Terjangkit

Selain itu dia meminta mereka yang memiliki gejala ringan, untuk melakukan monitoring kondisi kesehatannya secara rutin.

"Dan bisa melaksanakan konsultasi terus-menerus dengan para tenaga kesehatan yang profesional baik melalui call center 119 ekstensi 9 yang 24jam aktif," jelasnya.

"Maupun melalui Unicorn yang lain," ucapnya.

Selain itu anggota keluarga yang lain, tegas dia, menjadi faktor pendukung terhadap mereka yang sedang melaksanakan isolasi diri.

"Tentunya komunitas menjadi penting untuk saling membantu, apabila memang ada tetangga kita yang diharuskan melaksanakan isolasi diri maka alangkah baiknya tetangga yang lainnya untuk selalu melihat, memonitor, memberikan dukungan, memberikan supporting kepada tetangga kita yang sedang melaksanakan isolasi diri," jelasnya.

Baca: Wisma Atlet Kemayoran Mampu Tampung 22 Ribu Pasien Covid-19

"Inilah upaya yang bisa kita lakukan sehingga kemudian secara selektif kita bisa melakukan pengawasan untuk pencegahan penularan yang sekarang sedang dilaksanakan oleh pemerintah," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat